BMKG Catat Ada 145 Kali Gempa Susulan di Jayapura

(Foto: Info BMKG Papua)

, MINA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika () Wilayah V Jayapura pada Selasa (3/1/2023) pukul 07:50 WIT mencatat adanya 145 aktivitas susulan (aftershock).

Kepala Balai Besar BMKG Wilayah V Jayapura, Yustus Rumakiek mengatakan, gempa susulan masih terus terjadi usai gempa 4,9 magnitudo yang terjadi Selasa (2/1) sekitar pukul 03.24 WIT.

“Gempa tektonik susulan terjadi sekitar pukul 07:40 WIT di wilayah Kota Jayapura, berkekuatan 4 magnitudo,” ujar Yustus.

Hasil analisis BMKG menunjukkan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2.47° LS dan 140.68° BT, atau tepatnya berlokasi di darat yaitu 13 km Timur Laut Jayapura dengan kedalaman delapan (8) KM.

Kepala Wilayah BMKG Jayapura mengimbau masyarakat tetap tenang, dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Hindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan gempa serta periksa, dan pastikan bangunan tempat tinggal apakah cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah,” katanya. (T/R6/B04)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: siti aisyah

Editor: Zaenal Muttaqin

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.