BMKG Keluarkan Peringatan Potensi Hujan Awal Februari

Jakarta, MINA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika () mengeluarkan dini intensitas sedang hingga lebat yang mengguyur Jabodetabek hingga awal Februari 2024.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan pada periode 29 Januari hingga 1 Februari 2024 secara umum berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di Jabodetabek.

Sementara, pada periode Jumat-Ahad (2-4/2) secara umum cuaca berawan hingga hujan ringan di wilayah Jabodetabek.

“Perlu diwaspadai potensi hujan lebat dan angin kencang sesaat di beberapa wilayah seperti sebagian Tangerang, Kabupaten Bogor, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu,” ujar Guswanto, Senin (29/1).

Hujan tidak hanya mengguyur wilayah Jabodetabek, namun merata di seluruh . Ini berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer terkini.

Guswanto menjelaskan hujan di sejumlah wilayah termasuk Jabodetabek dipengaruhi aktivitas Monsun Asia yang disertai potensi seruakan dingin sehingga berpengaruh terhadap peningkatan massa udara basah di wilayah Indonesia bagian barat dan selatan ekuator.

Kemudian, masih aktifnya gelombang ekuator Rossby dan Kelvin di sekitar wilayah Indonesia bagian tengah turut memicu pembentukan awan hujan.

“Terbentuknya pola belokan dan pertemuan angin yang memanjang di selatan ekuator sebagai dampak penguatan angin Monsun Asia,” ujarnya. (R/R4/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.