BNPT-ALUMNI PASCA SARJANA UI LUNCURKAN BUKU ISLAM DAN TERORISME

Acara Peluncuran buku(Foto: Rana/MINA)
Acara Peluncuran buku “ dan Terorisme: Antara Imajinasi dan Kenyataan” di Gedung Pascasarjana UI Salemba, Selasa (29/9).(Foto: Rana/MINA)

Jakarta, 15 Dzulhijjah 1436/29 September 2015 (MINA) – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme () bekerjasama dengan Ikatan Alumni (ILUNI) Pasca Sarjana Universitas Indonesia (UI) meluncurkan buku berjudul “Islam dan Terorisme: Antara Imajinasi dan Kenyataan.”

Larasati Simatupang, Pengurus ILUNI Pascasarjana UI sekaligus Ketua Panitia Peluncuran Buku itu menyatakan, melalui peluncuran buku itu pihaknya ingin menyampaikan ide penanggulangan terorisme perlu dilakukan lewat kemitraan berbagai kalangan terkait dengan pendekatan multikausa.

“Pendekatan itu gabungan dari pertimbangan psikologis, hukum politik, ekonomi, agama, dan sosiologi yang dengan demikian kita bisa tahu sebab mengapa terorisme bisa terjadi,” kata Larasati saat acara peluncuran buku tersebut di Gedung Pascasarjana UI Salemba, Selasa (29/9).

Larasati mengatakan, buku yang diberi kata pengantar Direktur Konvensi dan Perangkat Hukum Internasional BNPT Prang Verry Kunto Guratno dan dieditori Yanuardi Syukur (ILUNI Pascasarjana UI) itu ditulis oleh beberapa penulis melalui berbagai penelitian mengenasi isu Islam dan terorisme.

Dalam buku tersebut para penulis memaparkan bagaimana Islam di Timur Tengah dan Indonesia, juga dilengkapi dengan bagaimana Islam di Amerika serikat dan Eropa. Menurutnya, pengetahuan bagaimana Islam di benua lain tentu saja akan bermanfaat untuk melihat bagaimana cara keberislaman seorang muslim di daerah lain.

Hadir sebagai keynote speaker Direktur Deradikalisasi BNPT Irfan Idris, dan diisi oleh beberapa pembicara seperti Werijon (BNPT), Luthfi Zuhdi (Pengamat Politik Timur Tengah dan Terorisme UI), Damos Dumoli Agusman (Kemlu), dan Hendra Kurniawan.(L/R05/R03)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0