Brasil Adakan Konferensi Internasional Muslim Amerika Latin ke-35

Brasilia, MINA – Brasil mengadakan Konferensi Internasional Muslim Amerika Latin dan Laut Karibia ke-35, di kota Sao Paulo Ahad malam (20/11/2022), bertema “Muslim Amerika Latin Menghadapi Fenomena Kebencian.”

Para menteri, duta besar dan delegasi resmi dari 30 negara, serta peneliti dan spesialis dari 100 negara di seluruh dunia, berpartisipasi dalam konferensi tersebut, di bawah sponsor utama Kerajaan Arab Saudi. Quds Press melaporkan.

Konferensi yang berlangsung hingga Senin membahas “cara-cara untuk mengatasi fenomena kebencian dan mengembangkan strategi untuk membendungnya dan menghilangkan penyebabnya.”

Perwakilan Presiden Brasil Luis Marinho dalam sambutannya mengatakan, “komunitas Muslim adalah salah satu komunitas yang paling terintegrasi di masyarakat Brasil.”

Konferensi seperti ini diperlukan membangun toleransi dan menolak kebencian.”

Sementara itu, Kepala Islamic Call Center for Latin America and the Caribbean, Ahmed Ali Al-Saifi, mengatakan masih adanya penyebaran kebencian dan dampak negatifnya terhadap Muslim Amerika Latin dan dunia pada umumnya.

“Kita perlu terus mengupayakan solusi untuk menghadapinya, di antaranya melalui pengembangan cara untuk memperbaiki kesalahpahaman tentang Islam, dan berusaha secara ilmiah menyampaikan kesalahpahaman tentang keyakinan Islam,” ujar Al-Saifi.

Anibal Bakir, mantan Presiden Islamic Center di Argentina, mengatakan benua Latin adalah salah satu benua di mana umat Islam memiliki kebebasan, dibandingkan dengan yang lain, meskipun ada beberapa kesulitan.

“Ketidaktahuan tentang Islam menjadi pemicu kebencian terhadap umat Islam. Namun justru setiap kali ada serangan kuat terhadap Islam di Amerika Latin, khususnya di Argentina, semakin besar kecenderungan non-Muslim untuk belajar tentang Islam,” ujarnya. (T/RS2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)