BSI Luncurkan Sustainable Movement

Bali, MINA – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus berkomitmen untuk melakukan implementasi keuangan berkelanjutan. Hal ini dibuktikan dengan diluncurkannya gerakan BSI Sustainable Movement.

Direktur Compliance & Human Capital BSI, Tribuana Tunggadewi mengatakan, program ini merupakan gerakan ajakan BSI bagi seluruh masyarakat agar dapat berkontribusi positif bagi dan keberlanjutan.

“BSI Sustainable Movement meliputi 3 poin aktivitas utama yaitu melalui penyediaan reverse vending machine (rvm) atau mesin drop botol plastik digital yang selanjutnya akan di daur ulang menjadi aneka produk serbaguna yang diproduksi oleh UMKM, penanaman pohon serta pelepasan anak tukik untuk untuk kelestarian,” kata Tribuana dalam keterangan tertulis, Sabtu (8/7).

BSI berkolaborasi dengan Plasticpay melakukan pemasangan 50 Reverse Vending Machine (RVM) di Bali dan Jabodetabek dalam rangka mendukung aksi berkelanjutan melalui inovasi sektor keuangan.

Melalui inovasi ini katanya, masyarakat dapat menukarkan botol plastik menjadi uang dan selanjutnya botol plastik yang telah terkumpul dapat di daur ulang menjadi produk serbagunayang diproduksi oleh UMKM Indonesia. Melalui proses tersebut kami berharap penerapan prinsip 3P (People, Planet, Profit) dalam keuangan berkelanjutan dapat terimplementasi dengan baik.

Tribuana menyebut, bahwa gerakan BSI Sustainable Movement yang dilakukan merupakan bentuk komitmen kuat dan peran aktif BSI, dalam mengimplementasikan keuangan berkelanjutan serta BSI sebagai sahabat finansial, spiritual dan sosial.

Dia menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengajak masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan, sekaligus mengenalkan keuangan berkelanjutan kepada masyarakat.

“Kegiatan BSI Sustainable Movement ini juga dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tanggal 5 Juni dan Hari Tanpa Kantong Plastik Sedunia tanggal 3 Juli. Kami ingin masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan dan bersama-sama memberikan dampak positif pada bumi,” katanya.

Dampak nyata yang telah diberikan BSI dari adanya RVM ini telah terkumpul 689 ribu botol plastik dengan total pengurangan karbon sebanyak 47.598.752 gram dan total penyelamatan lahan sebesar 173 m2, kedepan harapan kami pengurangan jejak karbon yang dapat diberikan BSI semakin meningkat sehingga peran BSI untuk menjaga kelestarian lingkungan bagi generasi mendatang semakin besar.

Selain pemasangan RVM di Jabodetabek dan Bali, BSI juga secara simbolis menyerahkan penanaman 50.000 pohon untuk Bali dan seluruh Indonesia. Selanjutnya, BSI juga melakukan pelepasan 200 tukik/anak penyu sebagai bentuk dukungan pelestarian biota laut.

“Sebagai bank syariah terbesar di Indonesia, BSI tidak hanya ingin memberikan manfaat kepada manusia saja, tetapi juga memberikan rahmat bagi seluruh alam semesta,” tutur Dewi. (R/R4/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.