Bupati Lamsel Hadiri Pengukuhan Komunitas UMKM se-Kecamatan Natar di Dewi Way Ratu

Negararatu, Lampung Selatan, MINA – Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto menghadiri Pengukuhan dan Pelantikan Komunitas UMKM se-Kecamatan Natar di Desa Wisata (Dewi) Way Ratu, Negararatu, Natar, Lampung Selatan, Sabtu (2/7).

Pelantiksn dilaksanakan oleh Camat Natar, Rendy Eko Supriyanto.

Bupati Lamsel saat memberi sambutan dan arahan menyatakan, saat ini kita hidup di era digital sehingga harus terus berkembang dan maju, bersaing di kancah nasional bahkan internasional di segala bidang.

“Maka promosi di medsos sangat penting, di sini misal ada Wong Coco, tapi kita ga mau promosi, posting, bagaimana orang tahu, nah ini pentingnya, berdiri pendopo-pendopo di sini (Way Ratu) berisi berbagai jenis UMKM, posting sebanyak-banyaknya,” imbuhnya.

“Kami bersyukur Alhamdulillah atas segala Rahmat Allah yang memberikan alam yang begitu indah, tinggal bagaimana kita memanfaatkannya untuk kemajuan ekonomi di masyarakat,” tuturnya.

Ia melanjutkan, untuk memajukan perekonomian, para Kepala Desa harus terus menggali potensi masyarakat yang ada di Kecamatan Natar.

“Saya apresiasi, baru Kecamatan Natar yang mengadakan Pengukuhan UMKM, maka sekarang kalau sudah ada wisatanya, sudah ada UMKMnya, orang akan datang. Ini yang penting kemauan dulu, kreatif, uang akan datang sendiri jangan nunggu anggaran terus,” ujarnya.

Nanang berimbuh, kalau UMKM bisa terus maju dan berkembang, dirinya akan membangun lapangan yang nantinya menjadi tempat pameran UMKM se-Lampung Selatan.

“Dengan begini kami pemerintah akan mendukung penuh, apa yang masih diperlukan ajukan, untuk kemajuan dan perkembangan desa wisata sehingga apa yang kami rencanakan membuat Pameran hasil UMKM se-Kecamatan, bernama Lampung Selatan Expo,” jelasnya.

Ketua Dekranasda Kab. Lamsel, Hj. Winarni Nanang Ermanto juga mengajak masyarakat para pelaku UMKM untuk terus berkolaborasi, gotong royong untuk kemajuan daerah Lamsel.

“Di era digital kita harus mandiri, tidak boleh cengeng, kita harus berpanutan kepada para pahlawan bagaimana mempertahankan kemerdekaan bangsa, terus mengembangkan potensi yang telah dibentuk, sehingga ekonomi dapat terus tertopang,” jelasnya.

“Pesan kepada Ketua tim penggerak PKK Kecamatan, di sinilah pembinaan, ibunya Kecamatan Natar, ibunya desa, Ketua tim penggerak PKK. Peran PKK adalah pembinaan untuk UP2K yang mana UMKM juga termasuk kedalam fokus PKK,” lanjutnya.

Sementara Kepala Desa Negararatu, Herry Putra dalam sambutannya mengatakan, Wisata Way Ratu dibangun pelan-pelan, dengan penuh keyakinan ke depan tempat wisata tersebut akan berkembang.

Alhamdulillah kita sudah bekerjasama dengan UMKM yang ada di Kecamatan Natar, dari 26 Desa di Natar bisa bergabung, sesuai harapan Bupati setiap desa ada wisata, kuliner dan lain-lain,” ujarnya.

Ketua Panitia, Disnata Cahya Putra sekaligus adalah Ketua komunitas UMKM se-Kecamatan Natar yang baru saja dilantik dalam sambutannya menuturkan, tempat wisata sandingannya adalah oleh-oleh, sehingga Dewi Way Ratu akan terus berkembang bersama dengan UMKM yang maju.

Alhamdulillah dalam pengembangan Wisata Way Ratu ini semua unsur mendukung, tak hanya Kepala Desa yang begitu antusias dan semangat, bahkan Camat pun turut menyempatkan hadir ketika ada musyawarah bicara pembenahan Way Ratu ini,” ujarnya.

“Kami sudah menyusun program, kedepan akan terus dikembangkan dan kami dari kelompok pembina UMKM ini akan mengadakan pembinaan bagi para pelaku UMKM yang baru ingin memulai dan yang ingin mengembangkannya sesuai dengan apa yang dibutuhkan,” ungkapnya.

Dalam acara pengukuhan tersebut juga dilakukan penyerahan sertifikat tanah Dewi Way Ratu oleh Bupati, dan sertifikat Keamanan Pangan yang diserahkan oleh Kepala Desa Negararatu,

Selain itu juga diberikan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Lamsel kepada para pelaku UMKM berupa Mesin Jahit dan Mixer Roti. (L/R12/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)