Bupati Lamsel Resmikan Tempat Wisata Way Ratu di Desa Negararatu

Natar, Lampung Selatan, MINA -Dukung potensi pertumbuhan ekonomi desa melalui bidang pariwisata, Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto meresmikan Wisata Desa, Danau “” di , Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Senin (14/2).

Dalam peresmiannya, Nanang menuturkan, potensi wisata di Lampung Selatan tidak kalah dengan yang ada di pulau Jawa, tinggal bagaimana segala potensi yang ada di setiap daerah bisa dimanfaatkan supaya bisa menjadi objek wisata yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi.

“Ini alternatif inovasi yang baik, selamat kepada semua, jaga terus gotong royong kebersamaan, jaga alam yang sangat luar biasa ini utamanya anak-anak muda yang tergabung dalam Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata). Kita nggak kalah dengan pulau Jawa, tinggal bagaimana potensi daerah yang kita punya, khususnya anak-anak muda milenial, agar memperhatikan lingkungan setempat untuk menjadikannya sebagai destinasi wisata guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” katanya.

Nanang juga minta pelaku usaha di kecamatan Natar untuk mendukung pariwisata dengan meningkatkan UMKM-UMKM asli daerah sehingga dampaknya terasa bagi peningkatan ekonomi masyarakat utamanya di masa pandemi ini.

Sejalan dengan Bupati Lampung Selatan, Kepala Desa Negararatu, Herry Putra pada kesempatan yang sama kepada MINA mengungkapkan, dengan diresmikannya objek wisata desa Way Ratu ini, desa Negararatu diharapkan menjadi Desa Santri Berbasis Wisata, sehingga diharapkan hal itu dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

“Alhamdulillah masyarakat ketika melihat, mereka senang dan luar biasa kita punya destinasi wisata, tinggal bagaimana sama-sama menjaga, sehingga adanya ini dapat betul-betul berdampak kepada peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat Desa Negararatu khususnya,” katanya.

“Tadi teman-teman juga menyaksikan Pak Bupati mengatakan jalan masuk menuju lokasi pun akan dipermudah aksesnya oleh Dinas PU Lampung Selatan,” ungkapnya.

Objek Wisata Desa Way Ratu ini menyajikan tempat rekreasi danau dengan fasilitas objek wisata di air yang akan terus dikembangkan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Negararatu. Dalam perwujudannya, Pokdarwis bersama aparat desa, 14 Kepala Dusun, RT dan warganya masing-masing untuk mendesaian saung-saung yang mewakili dusun masing-masing sesuai dengan potensi dusunnya.

Objek Wisata Desa Way Ratu dalam pengembangannya akan menyajikan fasilitas wisata air seperti wahana bebek air, banana boat, Photo Both yang menunjukkan keasrian suasana danau.

Selain itu, objek wisata ini nantinya juga akan menjadi pusat pelatihan penyelematan di permukaan air oleh pemuda tanggap bencana bekerjasama dengan Basarnas Lampung.

Sementara, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Erdiyansyah saat diwawancarai MINA usai acara didampingi Camat Natar, Rendy Eko Supriyanto mengatakan, pihaknya mempunyai tim P2WLS (Penggerak Pesona Wisata Lampung Selatan), jadi sudah dipetakan bahwa di Kecamatan Natar, objek wisatanya berpusat di Desa Negararatu.

“Jadi kita sudah memetakan, minimal satu desa satu wisata dan ini kita sudah bergerak melibatkan berbagai elemen, UPT, Pokdarwis (Kelompok Pemuda Sadar Wisata), masyarakat dan juga dari desa dan dinas terkait akan mensupport terealisasinya program ini, dan di Natar ini alhamdulillah Pak Camat ikut mengawasi dan membimbing langsung guna terwujudnya objek wisata ini,” katanya.

Erdiyansyah juga mengatakan, akan melakukan pembinaan-pembinaan kepada Pokdarwis untuk bagaimana mengelola tempat wisata di desa. Selain itu, pemerintah kabupaten menurut Erdiyansyah akan mensuport pendanaan melalui dana desa.

Pada kesempatan lain, Kepala Dinas Pariwisata Lampung Selatan, Mulyadi Saleh, saat diwawancarai MINA mengatakan, pihaknya sangat mendukung apa yang menjadi program daripada DPMD untuk memaksimalkan potensi desa baik destinasi alam, buatan dan budaya serta pemberdayaan UMKM.

“Maka untuk Way Ratu dalam waktu dekat kami akan berkunjung dengan tim P2WLS untuk melakukan identifikasi destinasi ini, apa yang harus dilakukan pemerintah dan penggiat wisata untuk mendukung wisata ini menjadi wisata unggulan khususnya di kecamatan Natar,” ujarnya. (L/R12/B03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA).

Wartawan: Habib Hizbullah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.