Calon Auditor Halal PKPH UNMA Presentasikan Laporan Praktik Mandiri

Pandeglang, MINA – Tiga calon auditor Pusat Kajian Produk Halal (PKPH) Universitas Mathlaul Anwar (UNMA) Banten mempresentasikan laporan praktik mandiri dalam upaya mendukung Indonesia sebagai pusat halal dunia.

Direktur PKPH UNMA, Ir. Hadi Susilo,M.Sc. mengatakan kepada Kantor Berita MINA, pada Selasa (9/11), ketiga auditor tersebut Dimas Danang Indiatmoko,S.Farm.,M.Farm., Mu’jijah,S.Si.,M.Sc., dan Candra Junaedi,S.Farm.,M.Kes.

Ketiganya baru menyelesaikan pelatihan calon auditor halal yang diselenggarakan oleh Pusat Pembinaan dan Pengawasan Produk Halal Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJH) Kemenag RI, ujar Hadi.

Menurut Kepala Pusat Pembinaan dan Pengawasan Jaminan Produk Halal, HA Umar, para auditor mendapatkan jadwal penilaian presentasi antara tanggal 1-10 November 2021 di Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) masing-masing.

“Alhamdulillah, presentasi laporan praktik mandiri tiga calon auditor halal di UNMA Banten, berjalan lancar. Semoga dapat memperkuat ekosistem halal di Provinsi Banten pada khususnya dan Indonesia pada umumnya,” lanjut Hadi yang juga Wakil Dekan Fakultas Sains, Farmasi dan Kesehatan UNMA.

Para calon auditor melakukan presentasi sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) auditor halal, setelah melakukan praktik langsung di lokasi Usaha Mikro dan Kecil (UMK) yang ada di Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Serang.

Hadi menambakan, PKPH sebagai halal center UNMA Banten, terus berperan aktif dalam upaya mendukung pemerintah, khususnya dalam sertifikasi halal dengan menyiapkan SDM halal yang kompeten, seperti: auditor halal, penyelia halal, dan pendamping Proses Produksi Halal (PPH).

“PKPH UNMA Banten juga menginisiasi terbentuknya Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) Mathla’ul Anwar dan berharap agar dapat segera beroperasi di seluruh wilayah Indonesia, sebagai bagian dari dakwah Islam yang rahmatan lil ‘alamin, dan mendorong program pemerintah untuk mewujudkan Indonesia sebagai Pusat produk halal dunia,” ujar

PKPH UNMA juga berperan aktif dalam mendorong terwujudnya ekosistem halal di Indonesia, dan didukung kerjasama dengan berbagai stake holder, mulai dari: pemerintahan, akademisi, industri, komunitas dan media. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)