Cegah Tangkal Corona, DD Riau AJak Masyarakat Gerakan Pangan Keluarga

Riau, MINA – Untuk menggalakkan upaya Cekal (Cegah Tangkal) pandemi virus Corona (Covid-19). Lembaga Filantropi Islam Dompet Dhuafa Riau (DD) mengajak masyarakat untuk  gerakan Kebun Pangan Keluarga dengan memberikan paket berkebun dan ternak ikan untuk beberapa warga Pekanbaru.

Banyak hal yang dapat dilakukan ketika pemerintah melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna Mencegah penyebaran virus Covid 19 pada lingkungan Masyarakat. Salah satunya Dengan memanfaatkan rooftop kantor sebagai lokasi untuk cocok Tanam Hidroponik sebagai cadangan .

Memanfaatkan area Rooftop, Dompet Dhuafa  membuat Kebun pangan yang dimulai sejak Mei lalu bertempat di  Graha Zakat Dompet Dhuafa Riau, Kota Pekanbaru, Selasa (9/6) malam, Tanaman yang selama ini dirawat berhasil untuk dipanen, demikian keterangan yang diterima MINA, Kamis (11/6).

“Selama pandemi Covid-19 ini kami membuat kebun pangan Dompet Dhuafa Riau di rooftop Graha Zakat DD Riau. Pola tanam dengan memakai konsep hidroponik untuk budidaya sayuran. Dan sekarang kita sudah tinggal panen saja, ada kangkung dan juga sawi. Kita bersenang-senang saat menanam dan bahagia saat panen. Ini sudah panen yang kedua kali,” ucap Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Riau Ali Bastoni.

Ali menmjelasklan, gerakan Kebun Pangan Keluarga merupakan upaya untuk menguatkan ketahanan pangan di tingkat keluarga di tengah situasi pandemi yang serba terbatas ini, yaitu dengan cara memenuhi kebutuhan pangan dasarnya dari halaman rumah sendiri.

Selain itu, ia menambahkan, DD Riau juga  memberikan pelatihan tentang cara bertani di perumahan yang memiliki keterbatasan lahan serta  mendorong Masyarakat untuk kegiatan yang positif dan produktif selama mereka di rumah.

“Sikap disiplin warga masyarakat agar tetap di rumah dan menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) saat pandemi virus Corona, akan sulit dilakukan jika pemenuhan kebutuhan hidup keluarga tidak tercukupi. Dalam upaya Cegah Tangkal Corona, DD Riau telah menggulirkan gerakan Kebun Pangan Keluarga merupakan upaya untuk menguatkan ketahanan pangan di tingkat keluarga. Diharapkan dengan langkah tersebut, mata rantai penularan virus Corona bisa terputus,” pungkas Ali. (R/R8/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.