Charbel Wehbe Menlu Baru Lebanon

Mantan duta besar Charbel Wehbe pada Senin, 3 Agustus 2020, ditunjuk sebagai menteri luar negeri baru Lebanon.

Beirut, MINA – Mantan duta besar Charbel Wehbe pada Senin (3/8) ditunjuk sebagai menteri luar negeri baru Lebanon, menggantikan Nassif Hitti yang mengundurkan diri pada hari sebelumnya.

“Presiden (Michel) Aoun dan Perdana Menteri Hassan Diab telah menandatangani sebuah dekrit yang menerima pengunduran diri Menteri Nassif Hitti dan sebuah dekrit penamaan Charbel Wehbe sebagai Menteri Luar Negeri dan Imigran,” kata Presidensi.

Pengumuman itu menyusul pertemuan antara Aoun dan Diab di Istana Baabda, demikian dikutip dari Nahar Net.

Menurut Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri Hani Chemaitelli yang berbicara kepada wartawan pada Senin, Wehbe telah dinominasikan untuk jabatan tersebut selama negosiasi untuk membentuk pemerintah saat ini.

Wehbe telah mengabdi sebagai penjabat Sekjen Kementerian Luar Negeri selama masa jabatan Jebran Bassil. Setelah pensiun sebagai diplomat, ia pindah ke Istana Presiden, tempat ia menjabat sebagai penasihat urusan diplomatik Presiden Aoun.

Hitti mengundurkan diri sebagai protes atas penanganan krisis ekonomi oleh pemerintah.

Dia menuduh bahwa pemerintah tidak menunjukkan keinginan untuk memulai perubahan yang diminta oleh Dana Moneter Internasional (IMF). (T/RI-1/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)