CIMB Islamic Malaysia Luncurkan Rekening Investasi Berjangka

Kuala Lumpur, MINA – CIMB Islamic Bank Bhd Malaysia meluncurkan Rekening Investasi Berkelanjutan Berjangka-i (Sustainable TIA-i) Tranche pertama, penawaran investasi berbasis tujuan untuk bisnis termasuk usaha kecil dan menengah (UKM).

Dalam sebuah pernyataan, Senin (19/9) CIMB Islamic mengatakan, penempatan dana TIA-i Berkelanjutan akan diinvestasikan ke dalam aset pembiayaan berkelanjutan yang memenuhi syarat Syariah yang selaras dengan Prioritas Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) CIMB Group. Dikutip dari The Edge Markets.

CIMB Islamic mengatakan TIA-i Berkelanjutan akan fokus terutama pada aset pembiayaan yang terkait dengan SDG 8 yang mempromosikan pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi, dengan penekanan khusus pada aset yang selaras dengan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) seperti didefinisikan oleh Bank Negara Malaysia.

Pernyataan menambahkan, termasuk pembiayaan kegiatan yang berkontribusi pada penciptaan lapangan kerja berkelanjutan, pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan yang berkontribusi pada perluasan akses ke produk dan layanan keuangan yang terjangkau dan bertanggung jawab untuk segmen rentan di start-up dan sektor UMKM, juga menjadi perhatian CIMB Islamic.

Bank tersebut mengatakan, nasabah dapat menginvestasikan penempatan minimum RM10.000 dan hingga RM20 juta per transaksi, untuk jangka waktu enam atau 12 bulan dengan tingkat keuntungan yang kompetitif (indikatif) masing-masing sebesar 3,1% atau 3,45% per tahun.

Dikatakan TIA-i Berkelanjutan lebih lanjut memberikan fleksibilitas bagi pelanggan yang membutuhkan peningkatan awal sebelum jatuh tempo, di mana pembayaran sebagian 50% dari keuntungan yang masih harus dibayar akan diberikan.

Penempatan dana syariah akan diinvestasikan ke aset berisiko rendah hingga sedang di bawah portofolio aset pembiayaan CIMB Islamic, yang sepenuhnya dimiliki oleh CIMB Islamic dan dipantau secara ketat oleh tim ahli dalam memastikan tingkat pengembalian yang diinginkan tercapai.

Chief Executive Officer CIMB Islamic Ahmad Shahriman Mohd Shariff mengatakan, pengenalan TIA-i Tranche Berkelanjutan menandai tonggak terbaru dalam komitmen berkelanjutan bank sebagai perantara keuangan untuk mendorong dampak positif di antara segmen rentan dan masyarakat.

“Sebagai penawaran investasi yang menyelaraskan keuntungan dengan tujuan, kami yakin ini sejalan dengan prinsip intermediasi berbasis nilai karena akan berkontribusi terhadap keberlanjutan jangka panjang UMKM, urat nadi perekonomian kita,” ujarnya.

“Bersama dengan klien kami, kami berharap dapat terus memainkan peran kami dalam mendukung SDGs dengan menyediakan layanan keuangan inklusif yang selaras dengan agenda keberlanjutan di bawah rencana strategis Forward23+ kami,” lanjutnya. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)