Cina Membalas, Minta Empat Media AS Laporkan Operasionalnya

Beijng, MINA – Menanggapi pemblokiran empat media Cina di AS, Cina pada Rabu (1/7) membalas dengan meminta empat perusahaan media AS yang beroperasi di negara itu untuk melaporkan operasionlnya, termasuk keuangan dan staf.

Dalam sebuah jumpa pers, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian mengatakan: “Cina dipaksa untuk menanggapi peningkatan diskriminasi AS dan pembatasan pada media Cina di AS murni untuk membela diri.” Anadolu Agency melaporkan.

Lijian menyebutkan, Associated Press, CBS, United Press International, dan Radio Publik Nasional sebagai empat perusahaan AS yang diminta untuk membuat laporan secara tertulis informasi tentang staf, keuangan, operasional dan real estat di Cina dalam waktu tujuh hari.

Langkah ini dilakukan setelah AS baru-baru ini menuduh empat organisasi media Cina sebagai “terikat pada Partai Komunis China.”

AS sejak Februari telah mendaftarkan 9 media sebagai “misi asing”, termasuk China Central Television, China News Service, Harian Rakyat, Global Times, Kantor Berita Xinhua, Jaringan Televisi Global China, China Radio International, China Daily Distribution Corporation, dan Hai Tian Development USA. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)