COVID-19 Sudan: 61 Orang Sembuh

Khartoum, MINA-  Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19  Nasional, Kementerian Kesehatan Sudan, menyampaikan perkembangan terkini per Senin pagi 4 Mei 2020.

Tercatat pertambahan 86  orang  yang dinyatakan  Positif COVID-19  sehingga keseluruhan menjadi 678 orang di 14 provinsi negara ini.

Sementara itu, korban yang meninggal sebanyak 41 orang,  sembuh 61 orang. Demikian keterangan pers dari Data Center Penanganan Covid-19 Kementerian Kesehatan Sudan di Ibu Kota Khartoum.

Penyebaran Covid-19 di seluruh Sudan sampai saat ini mencapai 14  provinsi, dengan grafik penyebaran terbanyak di Khartoum, Gezira dan Kordofan Utara.

Dari grafik penyebaran Covid-19 secara nasional Kementerian Kesehatan  Sudan, tercatat hingga saat ini cukup signifikan, di mana Provinsi Khartoum  tercatat  sebagai kasus terbanyak secara nasional di mana penambahan kasus baru positif sebanyak 74 Orang, dari jumlah keseluruhan 594 orang,   Sedangkan Provinsi  Gezira menduduki pPeringkat kedua di mana ada sebanyak kasus dua baru  dengan total  29  orang, sedangkan ketiga Kordofan Utara terdapat  tujuh kasus positif  baru 7, dengan total 15 orang,

Provinsi lainnya yang telah lebih dulu terpapar di antaranya, Sinnar (8). Kordofan Barat (4), River Nile (5), Qadarif (9), sedangkan, Provinsi  White Nile (1 ), Laut  Merah (1 ), Darfur Selatan (5), Darfur Tengah (1), Darfur Timur (2), , Darfur Utara (3) dan Syimaliyah Sudan (Donggola) (1)

Hingga saat ini tersisa empat provinsi yang belum terjangkiti. “Ini sangat mengkhawatirkan,” ujar Menteri Kesehatan Republik Sudan, Akram Ali Toum (01/05)

Sebelumnya Ali Toum mengungkapkan persediaan obat penanganan Covid-19 yang dimiliki pemerintah di Ibu kota Khartoum dan di Provinsi  lainnya semakin menipis, bahkan ada beberapa obat-obatan esensial telah habis.

Pemerintah Sudan telah mengeluarkan keputusan menerapkan lockdown total di seluruh Khartoum, sejak Sabtu (18/4) selama tiga pekan. dengan memberikan layanan Call Center 24 Jam  Seputar penanganan dan pencegahan  Covid-19 secara Nasional dimana  dengan menghubungin Nomor Darurat Kesehatan untuk Wilayah Khartoum 221, sedangkan di luar  Wilayah Khartoum 9090.

Di Khartoum sendiri pemberlakuan PSBB hingga Total Lockdown diberlakukan dengan waktu jeda 7 jam setiap harinya  untuk warga membeli kebutuhan pokok harian, dari pukul 06:00 pagi hingga 13:00 siang. (L/B02/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)