DD dan PT. Nobu Bank Kerjasama Gali Potensi Zakat Filantropi

Jakarta, MINA – Lembaga Filantropi Islam (DD) bersama PT. Indonesia melakukan Launching E-Channels mendukung peran perbankan dalam dunia filantropi untuk menggali potensi zakat, Senin (9/3), di Bakoel Koffie, Jakarta.

Dalam acara ini ditandatangani MOU oleh Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa Imam Rulyawan MARS dan Direktur IT dan Operasional Nobu Bank, Migi Trisnadi.

Imam menjelaskan, perkembangan dunia teknologi sudah semakin maju terutama pola transaksi perbankan yang melibatkan masyarakat luas, hingga saat ini sudah bisa melalui segenggam tangan dalam bertransaksi tanpa batas waktu maupun tempat.

“Akses yang mudah dan cepat menjadi pilihan masyarakat millenial saat ini. Peran penting perbankan di kehidupan masyarakat dapat mendukung dunia filantropi dalam menggali potensi dana zakat yang sangat besar di Indonesia,” tambah Imam.

Direktur Mobilisasi ZIS Dompet Dhuafa Yuli Pujihardi menjelaskan, pada tahun 2019. Badan Amil Zakat Nasional mencatat potensi zakat di Indonesia sebesar Rp233 triliun.

“Namun sayangnya, potensi yang besar tersebut belum terkelola dengan baik. Mengingat masih banyak masyarakat yang belum sadar akan kewajiban berzakat atau menyalurkannya bukan melalui Iembaga yang kompeten dan profesional. Padahal, penyaluran dana zakat atau donasi adalah salah satu ikhtiar untuk memberantas kemiskinan,” ujar Yuli.

“Di DD sendiri, transaksi donasi melalui kanal perbankan bisa mencapai 80%. lni menandakan masyarakat Indonesia sangat terbantu oleh pihak perbankan dalam mendermakan hartanya. zakat, infak dan wakaf ke DD,” tandas Yuli.

“Hari ini adalah sejarah khususnya bagi Nobu Bank. Saya ucapkan terimakasih kepada DD yang masih percaya kepada kami untuk melakukan kerjasama dalam hal ini penyediaan sarana zakat, infak dan wakaf melalaui Quick Response Indonesia Standar (QRIS) Dompet Dhuafa,” kata Direktur Nobu Bank Migi Trisnadi.

Kami berharap sebagai mitra DD, kerjasama ini betul-betul memberikan kelancaran bagi DD dalam memudahkan penghimpunan zakat, infak dan sedekah yang tentunya bermanfaat bagi masyarakat,” tuturnya. (L/R8/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.