Debat Umum Pemimpin Dunia di PBB

Sidang Umum PBB ke-72. (Foto: PBB)

New York, MINA – Para pemimpin dunia berkumpul di Markas Besar PBB di New York pekan ini untuk memulai pembicaraan diplomatik tingkat atas yang dikenal dengan istilah General Debate (Debat Umum).

Debat Umum yang dimulai pada Selasa (19/9) akan menyoroti kebutuhan masyarakat dunia dengan diskusi mengenai isu-isu penting seperti pembangunan berkelanjutan dan iklim. Demikian situs resmi PBB melaporkan.

Tema Debat sidang Majelis Umum PBB ke-72 kali ini “Berfokus pada Rakyat – Berjuang untuk Perdamaian dan Kehidupan Layak Bagi Semua di Planet yang Berkelanjutan”.

Para raja, presiden dan perdana menteri dijadwalkan memulai diskusi yang akan menyikapi banyak tantangan global saat ini, termasuk konflik yang berkepanjangan, kemiskinan dan kelaparan yang ekstrem, serta krisis pengungsi.

Baca Juga:  Dikepung Polisi, Mahasiswa Universitas California Tinggalkan Perkemahan

Debat akan berlangsung hingga 25 September. Setelahnya, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres akan menyampaikan Laporan tahunan tentang pekerjaan organisasi yang dipimpinnya tersebut.

Presiden Slovakia Miroslav Lajcak akan menyampaikan pidato pembuka Debat Umum, kemudian akan diikuti oleh Presiden Brasil Michel Temer. Selanjutnya diikuti oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump, sebagai pemimpin negara tuan rumah. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.