Delapan Muslim Inggris Bersepeda untuk Haji

Delapan anggota Hajj Riders bersepeda dari hingga ke Madinah untuk melakukan ibadah haji. (Foto: Hajj Riders)

 

Madinah, MINA – Sekelompok beranggotakan delapan orang telah tiba di Arab Saudi dengan bersepeda sejauh 3.000 mil selama hampir enam pekan mencapai Hijaz untuk melaksanakan ibadah haji.

Mereka menjadi orang-orang Inggris pertama yang melakukan perjalanan haji dengan bersepeda dari negaranya. Mereka juga mengunggah video perjalanan mereka.

Mereka yang dikenal dengan sebutan “Hajj Riders” berhasil mencapai kota suci Madinah, Arab Saudi, dalam waktu kurang dari enam pekan. Demikian The New Arab memberitakan yang dikutip MINA, Senin (21/8).

Perjalanan mereka juga dalam rangka amal kemanusiaan mengumpulkan dana untuk membantu  perawatan medis di Suriah yang masih dilanda perang.

Baca Juga:  Fenomana Gelombang Panas, Ini Pendapat Aktivis Lingkungan Dr. Sharifah Mazlina

Perjalanan mereka melalui Inggris, , Jerman, Swiss, Liechtenstein, Italia, Yunani dan Mesir.

“Hampir enam pekan bersepeda, saya tidak percaya perjalanannya sudah selesai. Namun, satu perjalanan selesai dan sekarang kita harus menyelesaikan bagian selanjutnya,” kata Abdul Mukith, seorang dari Hajj Riders di Facebook. “Sejujurnya saya tidak bisa mengatakannya dengan kata-kata.”

Video yang mereka unggah ke media sosial menunjukkan pemandangan di jalan-jalan kota Madinah pada hari Sabtu (19/8).

Dalam video, terlihat warga kota Madinah menabuh rebana menyambut kedatangan mereka dan menyanyikan syair tradisional Salawat Badar. Mereka pun ditaburi bunga-bunga.

Mereka terlihat menangis haru karena telah tiba di kota suci dan disambut meriah oleh warga setempat.

Baca Juga:  Dua Polisi Israel Tewas dalam Serangan Drone Hizbullah

Sepanjang perjalanannya, delapan pengendara sepeda menghadapi berbagai rintangan, termasuk hujan lebat dan panas kering di Arab Saudi.

Masalah visa membuat tim tersebut juga harus membatalkan rencana mereka untuk naik kapal feri dari Hurghada, Mesir. Mereka kemudian bersepeda di sepanjang pantai Saudi untuk menuju Madinah. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.