Derajat dan Ampunan Bagi Orang Yang Berpuasa Ramadhan

Oleh: Ali Farkhan Tsani, Redaktur Senior Miโ€™raj News Agency (MINA), Da’i Pesantren Al-Fatah Bogor

Bagi orang-orang yang berpuasa Ramadhan dengan penuh keimanan dan pengharapan akan ridha Allah, mereka akan mendapat balasan dari Allah berupa: diangkat derajatnya ke tingkat muttaqin, mendapat ampunan Allah, dijauhkan dari api neraka, mendapatkan syafaโ€™at (pertolongan) Allah, diampuni dosa-dosanya dan dimasukkan ke dalam surga-Nya.

Sungguh luar biasa bagaimana kasih sayang Allah kepada hamba-hamba-Nya, yang sukses menjalankan ibadah . Bukan hanya fisk lahirnya tidak makan dan tidak minum. Tapi juga jiwa dan perilakunya menahan diri dari perkara yang sia-sia, serta menjauhi dosa dan maksiat.

Tentang diangkat derajatnya orang-orang yang berpuasa ke tingkat muttaqin, ini sesuai firman Allah:

ูŠูŽุงุฃูŽูŠู‘ูู‡ูŽุง ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ุกูŽุงู…ูŽู†ููˆุง ูƒูุชูุจูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู ุงู„ุตู‘ููŠูŽุงู…ู ูƒูŽู…ูŽุง ูƒูุชูุจูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ู…ูู†ู’ ู‚ูŽุจู’ู„ููƒูู…ู’ ู„ูŽุนูŽู„ู‘ูŽูƒูู…ู’ ุชูŽุชู‘ูŽู‚ููˆู†ูŽ

Artinya : โ€œHai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertaqwaโ€. (Q.S. Al-Baqarah [2]: 183).

Pada hadits dikatakan :

ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ุตูŽุงู…ูŽ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ุฅููŠู…ูŽุงู†ู‹ุง ูˆูŽุงุญู’ุชูุณูŽุงุจู‹ุง ุบูููุฑูŽ ู„ูŽู‡ู ู…ูŽุง ุชูŽู‚ูŽุฏู‘ูŽู…ูŽ ู…ูู†ู’ ุฐูŽู†ู’ุจูู‡ู

Artinya : โ€œBarangsiapa berpuasa (Ramadhan) karena imannya (kepada Allah) dan hanya mengharapkan (ridha-Nya), niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.โ€(H.R. Bukhari dari Abu Hurairah Radhiyallahu โ€˜Anhu).

Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam juga menyebutkan orang-orang yang berpuasa akan dijauhkan dari neraka. Seperti sabdanya:

ู…ูŽุง ู…ูู†ู’ ุนูŽุจู’ุฏู ูŠูŽุตููˆู…ู ูŠูŽูˆู’ู…ู‹ุง ูููŠ ุณูŽุจููŠู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุจูŽุงุนูŽุฏูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุจูุฐูŽู„ููƒูŽ ุงู„ู’ูŠูŽูˆู’ู…ู ูˆูŽุฌู’ู‡ูŽู‡ู ุนูŽู†ู’ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑู ุณูŽุจู’ุนููŠู†ูŽ ุฎูŽุฑููŠูู‹ุง

Artinya : โ€œSiapa dari seorang hamba berpuasa satu hari di jalan Allah, kecuali Allah jauhkan dirinya dengan neraka sejauh tujuh puluh tahunโ€. (H.R. Muslim dari Abu Saโ€™id Al-Khudri Radhiyallahu โ€˜Anhu).

Di samping itu, orang-orang yang berpuasa kelak akan mendapatkan syafaโ€™atย (pertolongan) Allah. Seperti Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam bersabda :

ุงู„ุตู‘ููŠูŽุงู…ู ูˆูŽุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุขู†ู ูŠูŽุดู’ููŽุนูŽุงู†ู ู„ูู„ู’ุนูŽุจู’ุฏู ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ู‚ููŠูŽุงู…ูŽุฉู ูŠูŽู‚ููˆู„ู ุงู„ุตู‘ููŠูŽุงู…ู ุฃูŽูŠู’ ุฑูŽุจู‘ู ู…ูŽู†ูŽุนู’ุชูู‡ู ุงู„ุทู‘ูŽุนูŽุงู…ูŽ ูˆูŽุงู„ุดู‘ูŽู‡ูŽูˆูŽุงุชู ุจูุงู„ู†ู‘ูŽู‡ูŽุงุฑู ููŽุดูŽูู‘ูุนู’ู†ููŠ ูููŠู‡ู ูˆูŽูŠูŽู‚ููˆู„ู ุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุขู†ู ู…ูŽู†ูŽุนู’ุชูู‡ู ุงู„ู†ู‘ูŽูˆู’ู…ูŽ ุจูุงู„ู„ู‘ูŽูŠู’ู„ู ููŽุดูŽูู‘ูุนู’ู†ููŠ ูููŠู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ููŽูŠูุดูŽูู‘ูŽุนูŽุงู†ู

Artinya : โ€œShaum dan Qurโ€™an itu memintakan syafaโ€™at untuk seseorang di hari Kiamat nanti. Shaum berkata : Wahai Rabbku, aku telah mencegah dia memakan makanan dan menyalurkan syahwatnya di siang hari, maka berilah aku hak untuk memintakan syafaโ€™at baginya. Dan berkata pula Al-Qurโ€™an : Wahai Rabbku aku telah mencegah dia tidur di malam hari (karena membacaku), maka berilah aku hak untuk memintakan syafaat baginya. Maka keduanya diberi hak untuk memintakan syafaat.โ€ (H.R..Ahmad dari Abdullah bin Amr Radhiyallahu โ€˜Anhu).

Akhirnya, orang-orang yang berpuasa pun akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. Masya-Allah. Kapan waktunya kalau bukan kita maksimalkan ibadah pada bulan suci Ramadhan ini.

Seperti disebutkan di dalam hadits Nabi:

Juga disebutkan:

ู…ูŽู†ู’ ุตูŽุงู…ูŽ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ูˆูŽุนูŽุฑูŽููŽ ุญูุฏููˆู’ุฏูŽู‡ู ูˆูŽุชูŽุญูŽูู‘ูŽุธูŽ ู…ูู…ู‘ูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูŽู†ู’ุจูŽุบููŠู’ ุงูŽู†ู’ ูŠูุชูŽุญูŽูู‘ูŽุธูŽ ู…ูู†ู’ู‡ู

Artinya : โ€Barangsiapa puasa Ramadhan dan mengetahui segala batas-batasnya, serta memelihara diri dari segala yang baik dipelihara diri darinya, niscaya shaumnya itu menutupi dosa-dosanya yang telah laluโ€. (H.R. Ahmad dan Al-Baihaqi dari Abu Saโ€™id Radhiyallahu โ€˜Anhu).

ู…ูŽู†ู’ ุตูŽุงู…ูŽ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ูˆูŽุนูŽุฑูŽููŽ ุญูุฏููˆู’ุฏูŽู‡ู ูˆูŽุชูŽุญูŽูู‘ูŽุธูŽ ู…ูู…ู‘ูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูŽู†ู’ุจูŽุบููŠู’ ุงูŽู†ู’ ูŠูุชูŽุญูŽูู‘ูŽุธูŽ ู…ูู†ู’ู‡ู

Artinya : โ€Barangsiapa puasa Ramadhan dan mengetahui segala batas-batasnya, serta memelihara diri dari segala yang baik dipelihara diri darinya, niscaya shaumnya itu menutupi dosa-dosanya yang telah laluโ€. (H.R. Ahmad dan Al-Baihaqi dari Abu Saโ€™id Radhiyallahu โ€˜Anhu).

ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ุชูŽุจูŽุงุฑูŽูƒูŽ ูˆูŽุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ ููŽุฑูŽุถูŽ ุตููŠูŽุงู…ูŽ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุณูŽู†ูŽู†ู’ุชู ู„ูŽูƒูู…ู’ ู‚ููŠูŽุงู…ูŽู‡ู ููŽู…ูŽู†ู’ ุตูŽุงู…ูŽู‡ู ูˆูŽู‚ูŽุงู…ูŽู‡ู ุฅููŠู…ูŽุงู†ู‹ุง ูˆูŽุงุญู’ุชูุณูŽุงุจู‹ุง ุฎูŽุฑูŽุฌูŽ ู…ูู†ู’ ุฐูู†ููˆุจูู‡ู ูƒูŽูŠูŽูˆู’ู…ู ูˆูŽู„ูŽุฏูŽุชู’ู‡ู ุฃูู…ู‘ูู‡ู

Artinya : โ€œSesungguhnya Allah Taโ€™ala telah memfardhukan shaum Ramadhan atas kalian dan menganjurkan atas kalian shalat malam di dalamnya, maka berangsiapa shaum dan shalat malam (pada bulan Ramadhan) dengan keimanan dan pengharapan akan ridha Allah akan keluar dari dosa-dosanya sebagaimana hari dilahirkan oleh ibunyaโ€. (H.R. Nasaโ€™i).

Lalu, dimasukkanlah orang-orang yang puasanya diterima allah, dengan dimasukkannya ke dalam surga-Nya. Seperti sabda Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam:

ู…ูŽู†ู’ ุขู…ูŽู†ูŽ ุจูุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽุจูุฑูŽุณููˆู„ูู‡ู ูˆูŽุฃูŽู‚ูŽุงู…ูŽ ุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉูŽ ูˆูŽุตูŽุงู…ูŽ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ูƒูŽุงู†ูŽ ุญูŽู‚ู‘ู‹ุง ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฃูŽู†ู’ ูŠูุฏู’ุฎูู„ูŽู‡ู ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉูŽ

Artinya : โ€œBarangsiapa yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, dan mendirikan shalat, dan shaum Ramadhan, maka wajib bagi Allah memasukkannya ke syurgaโ€.ย ย  (H.R. Bukhari dari Abu Hurairah Radhiyallahu โ€˜Anhu).

ุงุชู‘ูŽู‚ููˆุง ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ุฑูŽุจู‘ูŽูƒูู…ู’ ูˆูŽุตูŽู„ู‘ููˆุง ุฎูŽู…ู’ุณูŽูƒูู…ู’ ูˆูŽุตููˆู…ููˆุง ุดูŽู‡ู’ุฑูŽูƒูู…ู’ ูˆูŽุฃูŽุฏู‘ููˆุง ุฒูŽูƒูŽุงุฉูŽ ุฃูŽู…ู’ูˆูŽุงู„ููƒูู…ู’ ูˆูŽุฃูŽุทููŠุนููˆุง ุฐูŽุง ุฃูŽู…ู’ุฑููƒูู…ู’ ุชูŽุฏู’ุฎูู„ููˆุง ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉูŽ ุฑูŽุจู‘ููƒูู…ู’

Artinyaย  : โ€œBertaqwalah kepada Allah Tuhan kalian, dan shalatlah kalian lima waktu, dan shaumlah kalian pada bulan (Ramadhan), dan tunaikanlah zakat harta-harta kalian, dan thaโ€™atilah perintah atas kalian, niscaya akan dimasukkan ke dalam syurga tuhan kalianโ€. (H.R. At-Tirmidzi dari Abu Umamah Radhiyallahu โ€˜Anhu).

ุฅูู†ู‘ูŽ ูููŠ ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉู ุจูŽุงุจู‹ุง ูŠูู‚ูŽุงู„ู ู„ูŽู‡ู ุงู„ุฑู‘ูŽูŠู‘ูŽุงู†ู ูŠูŽุฏู’ุฎูู„ู ู…ูู†ู’ู‡ู ุงู„ุตู‘ูŽุงุฆูู…ููˆู†ูŽ ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ู‚ููŠูŽุงู…ูŽุฉู ู„ุงูŽ ูŠูŽุฏู’ุฎูู„ู ู…ูŽุนูŽู‡ูู…ู’ ุฃูŽุญูŽุฏูŒ ุบูŽูŠู’ุฑูู‡ูู…ู’ ูŠูู‚ูŽุงู„ู ุฃูŽูŠู’ู†ูŽ ุงู„ุตู‘ูŽุงุฆูู…ููˆู†ูŽ ููŽูŠูŽุฏู’ุฎูู„ููˆู†ูŽ ู…ูู†ู’ู‡ู ููŽุฅูุฐูŽุง ุฏูŽุฎูŽู„ูŽ ุขุฎูุฑูู‡ูู…ู’ ุฃูุบู’ู„ูู‚ูŽ ููŽู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฏู’ุฎูู„ู’ ู…ูู†ู’ู‡ู ุฃูŽุญูŽุฏูŒ

Artinya : โ€ Sesungguhnya di syurga itu ada sebuah pintu yang disebut โ€œAr-Rayyaanโ€. Pada hari kiamat berkata: Di manakah orang yang shaum? ( untuk masuk syurga melalui pintu itu. Jikaย  yang terakhir di antara mereka sudah memasuki pintu itu, maka ditutuplah pintu itu.โ€ (H.R. Bukhari dan Muslim).

Maka, dengan berbagai keutamaan yang Allah karuniakan itulah, marilah kita kerjakan ibadah puasa Ramadhan ini dengan penuh keikhlasan, keimanan, kebahagiaan dan pengharapan akan ampunan Allah.

Tentu, bukan hanya melaksanakan ibadah puasa Ramadhan, tapi juga mengisinya dengan berbagai amal shalih untuk menambah kualitas takwa kita di hadapan Allah.

Semoga Allah berkenan menerima ibadah puasa Ramadhan kita dan amal ibadah lainnya di sepanjang bulan suci Ramadhan ini. Aamiin Mujibas saailin. (A/RS2/P1)

Miโ€™raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0