Dewan Da’wah Prihatin Atas Serangan Pada Dai

Jakarta, MINA – Ketua Bidang Pemberdayaan Dai Islamiyah Indonesia (DDII) Dr. Misbahul Anam menyatakan prihatin atas peristiwa penyerangan ustaz Abu Syahid Chaniago oleh orang tidak dikenal saat ceramah di Masjid Baitus Syakur Batam pada Senin (20/9) dan pembunuhan ustaz Arman di Tangerang di depan rumahnya selepas melaksanakan shalat Maghrib berjamaah pada Ahad (19/9).

“Kekerasan dan pembunuhan da’i penyeru jalan kebaikan makin menjadi-jadi. Belum hilang dari peristiwa penusukan Syekh Ali Jaber di Lampung pada 2020, kini kejadian kembali menimpa para da’i,” kata Misbahul dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Selasa (21/9).

Ia menuturkan, peristiwa kekerasan semacam ini secara berkala terus berulang. Seperti ada pola yang sama atau sistemik, sehingga terindikasi kuat didalangi oleh pihak tertentu.

Ia mendesak agar pihak berwajib tidak “main-main” dengan peristiwa semacam tersebut.

“Saya khawatir jika peristiwa ini terjadi lagi dan pihak berwajib lalai mengungkap siapa dalang di balik semua ini, akan berujung masalah yang tidak kita inginkan bersama,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia semenjak berdiri tahun 1967 telah menempatkan ribuan da’i di seluruh pelosok Indonesia untuk membina iman dan akhlak kaum Muslimin untuk menjadi Muslim yang baik.

“Kekerasan yang terjadi ini membuat kami mengirim sinyal “siaga satu” kepada ribuan da’i untuk bersiap siaga terhadap segala kemungkinan, kami tidak mau kecolongan,” ujar Misbah.

Ia juga meminta secara khusus kepada bidang yang mengurus da’i di Dewan Da’wah untuk melakukan langkah -langkah antisipatif, dengan menghubungi aparat setempat jika dirasa ada hal-hal yang mencurigakan saat melaksanakan tugas -tugas mereka membina masyarakat di lapangan.

“Para da’i kami selama ini selalu bermitra dengan pejabat dan aparat terkait di dalam melaksanakan tugas-tugas dakwahnya, oleh sebab itu kami meminta dengan serius agar Kapolri dan Panglima TNI menginstruksikan secara khusus para aparat di bawahnya untuk melindungi kerja-kerja da’wah para da’i kami di lapangan,” kata Misbahul. (L/R4/P1)

 

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.