Dewan Kota di Brasil Sepekan Putar Film “Brasil Palestina”

Brasilia, MINA – Dewan Kota Sao Borja, di negara bagian Rio Grande do Sul, Brasil Selatan, bekerja sama dengan Persatuan Arab Palestina di Brasil, memutar film dokumenter berjudul “Brasil Palestina” selama sepekan di balai dewan kota.

Quds Press melaporkan pada Rabu (10/11), film ini berkisah tentang kehidupan enam keluarga pengungsi Palestina, yang tinggal di negara bagian Rio Grande do Sul, Brasil, setelah dipindahkan dari Palestina pada tahun 1948, menurut penyelenggaranya.

Film ini mengungkapkan “hubungan yang masih ada antara Palestina dan tanah air mereka, melalui perjalanan terus-menerus antara tanah air mereka yang diduduki dan Brasil.”

Diperkirakan ada 70.000 warga Palestina di berbagai daerah di Brasil dan film ini akan ditayangkan juga pada komunitas-komunitas ittu di seluruh negara itu.

Film ini mengulas bagaimana para pengungsi Palestina berhasil mempertahankan budaya dan hubungan dengan tanah air mereka, terlepas dari keragaman etnis dan budaya di Brasil.

Walid Rabah, Presiden Federasi Arab Palestina di Brasil Vipal, mengatakan film dokumenter itu “memainkan peran yang sangat penting dalam memulihkan dan melestarikan ingatan.”

Dia menambahkan, inisiatif seperti itu melestarikan sejarah, warisan dan juga perlawanan warga Palestina sebagai diaspora di negara rantau.

Film “Brasil Palestina” digagas oleh Kepala Kantor Wakil Negara Rio Grande do Sul, Luis Minardi bekerja sama dengan Yayasan Persatuan Arab Palestina dijadwalkan akan tayang di 497 kota dan komunitas di seluruh Brasil.

Menurut Pusat Informasi Nasional Otoritas Palestina, jumlah komunitas Palestina di Brasil ada sekitar 70.000 orang, yang terkonsentrasi di negara bagian Pernambuco, Brasil timur laut, dan negara bagian Rio Grande do Sul, Brasil selatan. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.