Hafiz 13 Tahun Asal Indonesia Raih Juara 2 MHQ di Arab Saudi

Jakarta, MINA — Hafiz Al-Qur’an asal Langkat, Sumatera Utara, berhasil mendapatkan juara 2 pada Musabaqah Hafalan Al-Qur’an (MHQ) Tingkat Internasional di Arab Saudi. Musabaqah King Abdul Aziz Internasional Holy Qur’an Contest ini diikuti lebih dari 50 negara.

“Ini merupakan berita gembira untuk masyarakat Indonesia sekaligus penanda bahwa generasi kita mampu bersaing di kancah internasional,” ungkap Kasubdit Lembaga Pengembangan Tilawah dan Musabaqah Al-Qur’an dan Al-Hadits Kemenag, Rijal Ahmad Rangkuty di Jakarta, Kamis (22/9/22).

Rijal mengaku bangga, Auzan yang berusia 13 tahun mampu sejajar dengan delegasi dari negara lain. Auzan menyisihkan peserta yang berasal lebih dari 50 negara. “Semoga menjadi motivasi bagi kita semua untuk terus belajar dan tidak lelah berikhtiar,” tambahnya.

Rijal menambahkan, bimbingan dan pembinaan yang diberikan orang tua Auzan dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Sumatera Utara bisa diteladani daerah lain. Menurutnya, capaian Auzan menjadi bukti pentingnya pendidikan sejak dini.

“Ini inspirasi untuk anak-anak dan orang tua seluruh Indonesia. Ini salah satu keberhasilan pembinaan dan pendidikan sejak dini yang diberikan orang tua dan LPTQ Sumut,” ujarnya.

Rijal berharap, capaian Auzan terus berlanjut. Tidak hanya dari Sumut, Rijal berharap lahirnya hafiz, qori, mufasir, dan muhadis kelas internasional dari berbagai daerah di Indonesia.

“Selamat kepada Auzan, di usianya yang baru 13 tahun berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional,” katanya.

Pada cabang 30 juz MHQ Internasional di Arab Saudi, juara 1 diraih Achmad Achiri asal Maroko. Sedangkan juara 3 diraih Abdoulie Njie asal Gambia. Juara 1 berhak mendapatkan uang pembinaan 200.000 riyal, juara 2 mendapatkan 185.000 riyal, dan juara 3 mendapatkan 170.000 riyal. (L/R2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.