Din Syamsuddin: Dengan Membaca Umat Islam Bisa Maju

, Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerja Sama Antar Agama dan Peradaban (UKP-DKAAP). (foto: Aliya/MINA)

Jakarta, MINA – Ketua Dewan Pertimbangan Majlis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin mengatakan, dengan membaca umat Islam Indonesia akan bisa maju.

“Islamic Book Fair (IBF) saya nilai sangat penting, strategis dan bermanfaat baik untuk meningkatkan kegemaran membaca atau di kalangan umat dan juga untuk mendorong terbitnya buku-buku keagamaan. Dan dengan membaca umat Islam akan bisa maju,” katanya tentang IBF ke-17 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Jumat (20/4).

“Meningkatkan literasi juga sebagai amanah konstitusi negara Indonesia yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan oleh kerana itu, dengan membaca umat manusia akan bisa meraih kejayaan di dalam kebudayaan dan peradaban. Dan dunia Islam secara khusus mengalami kemajuan terutama diabad-abad pertengahan itu karena literasi” ujarnya.

Ia menambahkan, kalau ingin umat Islam bangkit maka harus banyaklah membaca  dengan membaca maka akan memiliki pengetahuan.

Terkait hal ini ia juga mengajak masyarakat khususnya umat Islam utuk mengamalkan pesan Al-Quran, iqra (bacalah) wahyu pertama.

“Meningkatkan kegemaran membaca sangat penting, tapi membaca buku jauh lebih penting, oleh karena itu keduanya harus seiring. Penulisan buku, penerbitan buku dengan pendekatan kegemaran membaca di kalangan umat,” ucapnya. (L/R10/P1)

 

Mi’raj news Agency (MINA)

Wartawan: Hasanatun Aliyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.