Dir.Dikti Islam : Sertifikat Harus Berkorelasi Positif dengan Peningkatan Kualitas Dosen

Jakarta, 17 Safar 1438/17 November 2016 (MINA) – Direktur Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama, Prof. Dr. Amsal Bakhtiar menekankan, pentingnya menggenjot kualitas dan pelayanan agar berkorelasi positif dengan peningkatan kesejahteraan melalui (serdos).

“Tujuan utama dari sertifikasi dosen adalah meningkatkan kualitas dan pelayanan dosen. Yang diharapkan Negara adalah korelasi positif serdos dengan peningkatan kesejahteraan, maka  kualitas dan pelayanan dosen semakin baik,” paparnya dalam Rapat Kelulusan Nasional Sertifikasi Dosen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) di Semarang, (16/11) malam. Demikian laman Pendis Kemenag yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Amsal juga berpesan agar para dosen  atau PTKIS terus meningkatkan kemampuan dengan banyak membaca dan meneliti.

“Jangan lupa membaca dan meneliti agar dosen kita semakin bagus dan dapat berkompetisi di ranah nasional juga internasional,” tuturnya.

Sementara itu, Plt. Kasubdit Ketenagaan Dit. Dikti, Mamat Salamat Burhanuddin juga menyampaikan, proses serdos bertujuan ingin menjadikan dosen menjadi lebih professional dan memberikan pelayanan terbaik kepada .

“Dengan proses sertifikasi ini ingin memastikan sumberdaya tenaga pendidik di lingkungan PTKIN dan PTKIS semakin professional, sehingga bisa memberikan pelayanan terbaik kepada mahasiswa yang merupakan generasi yang harus kita antarkan pengabdiannya kepada nusa dan bangsa. Kami ingin tekankan bahwa tugas dosen adalah mendidik mahasiswa agar lebih bermutu dan mampu berkompetensi di manapun berada”, jelasnya.

Selain itu, Ratnasari Yusuf selaku leading sektor program ini menyampaikan ucapan terimakasih kepada peserta yang terdiri dari perwakilan Kopertais, perguruan tinggi pengusul dan perguruan tinggi penilai serdos. “Terima kasih atas kehadiran para peserta yang terdiri dari 24 perwakilan dari Perguruan Tinggi penilai, 13 perwakilan Kopertais, dan sisanya dari Perguruan Tinggi pengusul. Tahun ini ada 1.676 dosen yang diusulkan, sedangkan kuota yang tersedia hanya untuk 500 orang, sehingga masih banyak dosen yang masih menunggu. Kita butuh dorongan pimpinan agar ada kuota tambahan tahun depan,” ujar Ratnasari Yusuf.

Ia menambahkan, proses pelaksanaan serdos telah berjalan sesuai aturan yang berlaku, dari proses penetapan peserta, pengajuan portofolio, penilaian, sidang kelulusan saat ini dan terakhir nanti adalah pencetakan sertifikat pendidik. (T/P006/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Fauziah Al Hakim

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.