Direktorat Bina Potensi SAR bersama Komunitas Otomotif Lampung Gelar SAR Community

Pesawaran, MINA – Direktorat Bina Potensi SAR menggelar acara pembinaan SAR Community bagi Komunitas Otomotif Lampung tgl 3-5/12 di Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung.

Menurut rilis yang diterima MINA, Sabtu (4/12), pembukaan SAR Community tersebut telah dilaksanakan di Gedung KONI, Pesawaran pada Jumat, (3/11).

Acara ini dihadiri oleh Anggota Komisi V DPRD Prov. Lampung Deni Ribowo, S.E., Ketua Ikatan Motor Indonesia  (IMI) Prov. Lampung merangkap Ketua KONI Kab. Pesawaran Sony Zainhard Utama, Kepala Pelaksana BPBD Kab. Pesawaran Sofyan Agani, Ketua Forum Rescue Relawan Lampung (FRRL) Aris Suryono, mewakili GM Pelindo Panjang  Irsan Bahrudin, Analis Madya Direktorat Bina Potensi Basarnas, serta Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Lampung Jumaril, S.E., M.M. beserta jajaran.

Tujuan dari kegiatan ini merupakan wadah sebagai bentuk kesiapsiagaan sebagai insan SAR dalam mengantisipasi musibah. Baik kecelakaan, bencana, maupun kondisi yang membahayakan jiwa manusia.

Kegiatan ini juga menjadi bagian dari upaya membangun karakter bangsa dan pencegahan di Bidang SAR (SAR Preventive) dengan sasaran komunitas otomotif Lampung.

Acara ini dibuka oleh Kepala Pelaksana BPBD Kab. Pesawaran Sofyan Agani. Dalam sambutannya mewakili Bupati Pesawaran, ia menjelaskan tentang pentingnya diadakan acara SAR Community ini.

Diharapkan komunitas otomotif Lampung memiliki wawasan tentang potensi-potensi bahaya dan musibah yang mengancam kehidupan di sekitarnya dan mampu memberikan imbauan kepada sesama, serta menjadi kepanjangan tangan bagi Basarnas khususnya Kantor Pencarian dan Pertolongan Lampung.

“Dengan pembinaan SAR Community ini, kepada seluruh komponen kami harapkan memiliki mindset yang sama tentang pencarian dan pertolongan, dan senantiasa meningkatkan kesiapsiagaan diri dan lingkungan guna menghadapi kondisi kedaruratan baik pada kecelakaan, bencana, maupun kondisi membahayakan jiwa manusia di lingkungan masing masing.” Ujar Sofyan.

Peserta dalam pelatihan ini terdiri dari 28 orang yang berasal dari berbagai komunitas otomotif di provinsi Lampung. dengan materi pelatihan Teknik Dasar Pertolongan Pertama atau MFR (Medical First Responder).

Anggota Komisi V DPRD Provinsi Lampung Deny Ribowo, S.E. memberikan sambutan dan menyampaikan apresiasinya kepada pihak-pihak yg terlibat dalam kegiatan ini, karena motivasi mereka dalam acara ini tidak lain adalah demi kemanusiaan.

“Saya sudah sampaikan kepada BPBD Provinsi Lampung untuk melibatkan potensi potensi SAR untuk kita ajak adakan latihan bersama seperti sekarang. Kabupaten Pesawaran memiliki potensi tsunami dan banjir maka water rescue ini perlu kita pelajari bersama,” tambah Deni.

Di tengah acara pembukaan, hadir Bupati Pesawaran H. Dendi Romadhona untuk memberikan dukungan atas giat yang dilaksanakan. (R/Bad/P1)

Mi’raj News Agency (MINA) 

 

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.