Direktur CIA Bertemu Pemimpin Taliban di Kabul

Foto ini dari 18 Juli 2021 menunjukkan pemimpin tim perunding Taliban, Mullah Abdul Ghani Baradar, di ibu kota Qatar, Doha. (Karim Jaafar/AFP)

Washington, MINA – mengunjungi Kabul pada Senin (23/8) untuk bertemu dengan pemimpin politik utama , Abdul Ghani Baradar, kata seorang pejabat AS.

Pejabat itu mengatakan kepada pers bahwa pertemuan antara Burns dan  Baradar terjadi di tengah evakuasi yang sedang berlangsung di bandara Kabul.

The Washington Post pertama kali melaporkan pertemuan Burns dengan Baradar. Pejabat AS mengkonfirmasi laporan itu dengan syarat anonim, The Times of Israel melaporkan.

Komandan militer senior AS di Pangkalan Udara Kabul, Laksamana Muda Peter Vasely, telah berkomunikasi setiap hari dengan komandan Taliban dalam upaya memfasilitasi evakuasi, tetapi kontak terakhir yang diketahui antara militer dan Baradar adalah ketika Jenderal Mark Milley, Ketua Kepala Staf Gabungan, terbang ke Doha, Qatar, untuk bertemu dengannya dan pejabat Taliban lainnya pada Desember lalu.

Milley mencoba membujuk Taliban untuk mengurangi serangan mereka terhadap pasukan Afghanistan, tetapi akhirnya tidak berhasil. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.