Ditanya Bela Siapa di Pemilu Indonesia, Dubes AS Pilih Bela Rakyat

Istimewa

Jakarta, MINA – Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R.Donovan JR mengatakan tentang siapa yang dibela dalam pemilihan umum Indonesia 17 April 2019 mendatang.

Sambil bercanda ia mengatakan, “Kalian ingin tahu siapa yang akan saya bela? Yang saya bela adalah masyarakat Indonesia,” ujarnya kepada para wartawan seusai meresmikan perangko peringatan 70 tahun hubungan diplomatik RI – AS dan program bersama #IndonesiaUSA 70th Youth Ambassadors di Aula Kantin Diplomasi Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, Jakarta, Rabu (10/4).

Sebelumnya ia berharap, pemilu Indonesia pada 17 April mendatang berlangsung dengan damai dan adil. “Kami berharap dengan tulus pemilu berjalan damai dan adil,” kata Dubes Donovan.

Ia mengatakan, siapapun yang menang dalam pemilu, pemerintah AS siap bekerja sama. “Kami siap untuk bekerja dengan siapapun yang dipilih oleh masyarakat Indonesia.”

Dia juga mengatakan negaranya sangat memahami Indonesia sebagai negara demokrasi. Kemitraan Indonesia dengan AS sudah berlangsung 7 dekade. Kemitraan kedua negara tidak hanya fokus pada kemitraan pemerintah meski aspek penting. Namun menurutnya, inti dari kemitraan adalah masyarakat kedua negara.

Hubungan diplomatik RI-AS dibuka secara resmi pada 28 Desember 1949 dan kini berada pada tahapan Strategic Partnership. Sebuah tahapar─▒ penting bagi Indonesia dan AS untuk secara bersama-sama berbagi tanggung jawab mencari solusi atas tantangan-tantangan global, sembari menguatkan kerja sama strategis antara kedua negara.

Untuk memeriahkan peringatan 70 tahun hubungan bilateral RI-AS, telah direncanakan sejumlah kegiatan di Indonesia dan AS yang masing-masing akan dilakukan oleh Perwakilan RI di AS dan perwakilan AS di Indonesia.

Kegiatan di Indonesia dan AS akan dilaksanakan di beberapa kota, bekerja sama dengan berbagai universitas dan pemerintah daerah. Seluruh kegiatan tersebut ditujukan untuk membangun dan menguatkan hubungan antar kedua negara, untuk lebih merangkul dan mendidik masyarakat, serta menguatkan fondasi kerja sama RI-AS demi generasi mendatang. (L/Sj/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)