DMI Minta Masjid Umumkan Protokol Kesehatan

Jakarta, MINA – Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla meminta Kepada Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid diseluruh Indonesia, untuk menyampaikan seruan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 setiap melaksanakan shalat lima waktu dengan menggunakan pengeras suara masjid.

Hal tersebut disampaikan JK saat melakukan webinar dengan seluruh pengurus DMI se-Indonesia di kediamannya Jalan Brawijaya Raya,Kelurahan Pulo, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (16/7).

JK mengungkapkan, fungsi masjid adalah untuk memakmurkan dan dimakmurkan, oleh karena itu, masjid harus menjadi pusat tempat orang menyelesaikan masalah dan menjadi pusat syiar untuk mendidik masyarakat agar hidup disiplin dan hidup sehat.

Menurutnya, ada tiga cara untuk menghindari penyebaran virus Covid-19. “Jaga jarak, pakai masker dan cuci tangan, dan itu menjadi bagian pokok kehidupan kita kedepan,” ujar JK.

JK menambahkan, masjid mempunyai kekuatan yang besar untuk menyampaikan seruan protokol kesehatan kepada masyarakat, karena masjid memiliki ribuan speaker yang setiap sholat lima waktu dapat dibunyikan.

Dia berharap agar masyarakat jangan hanya mengkritik pemerintah, akan tetapi bersama sama membantu pemerintah melawan penyebaran virus Covid-19.

“Bukan waktunya kita untuk mengkritik pemerintah, waktunya kita bekerja bersama pemerintah untuk menyelesaikan persoalan Covid-19, agar bangsa kita dapat bangkit,” pungkas JK.

Sementara itu, dia juga meminta rumah ibadah lainnya, untuk melakukan seruan kepada para jamaahnya agar menerapkan protokol kesehatan saat melaksanakan ibadah. (L/R4/R1)

Mi’raj News Agency (MINA)