Dorong Keuangan Syariah OJK Gelar FREKS Di Padang

, 5 Ramadhan 1437/10 Juni 2016 (MINA) – Dalam rangka mengembangkan dan mendorong ekonomi dan , Otoritas Jasa Keuangan () menggelar Forum Riset Ekonomi dan Keuangan Syariah (FREKS) XIV pada tanggal 9-10 Juni 2016 di Kampus IAIN Imam Bonjol Padang.

 “Kegiatan ini menjadi salah satu momentum untuk mempercepat Pengembangan IKNB Syariah yang Inovatif, Inklusif dan Kontributif dalam Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan,” kata Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad dalam pidato sambutannya, demikian siaran pers OJK yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Jumat (10/6).

Muliaman mengatakan, OJK mencatat perkembangan IKNB Syariah cukup menggembirakan. Dibandingkan dengan data total perusahaan pada tahun 2010, terdapat peningkatan jumlah perusahaan pada semua industry.

“Meliputi perusahaan perasuransian syariah, perusahaan pembiayaan syariah, perusahaan modal ventura syariah, dan perusahaan penjaminan pembiaayaan syariah baik yang beroperasi berdasarkan prinsip syariah penuh (full fledged) maupun dalam bentuk unit usaha syariah.,” kata Muliaman.

Dia menambahkan, selain itu ada pula Lembaga Keuangan Syariah Khusus seperti Pegadaian dan Lembaga Pembiayaan Ekspor Impor Indonesia yang menjalankan sebagian kegiatannya dengan prinsip syariah.

Acara FREKS ini dilaksanakan OJK bekerja sama dengan DPP Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol Padang. Kegiatan FREKS merupakan agenda rutin yang diselenggarakan OJK dan IAEI setiap 6 (enam) bulan sekali.

Rangkaian kegiatan FREKS XIV terdiri atas 4 (empat) agenda utama, yaitu: 1). Presentasi Finalis Call for Paper, 2). Forum Rektor/Forum Bersama, 3). Diskusi Panel, dan 4). Seminar Prominent Speaker. Presentasi finalis call for paper merupakan agenda utama dari setiap penyelenggaraan FREKS. Setiap finalis akan diberi kesempatan untuk memaparkan paper-nya di hadapan Dewan Juri pada tanggal 10 Juni 2016 di Padang. (L/P010/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.