Dua Masjid Jadi Sasaran Pembakaran, Gubernur Minnesota Serukan Dukungan untuk Komunitas Muslim

Kondisi masjid di Minneapolis setelah jadi sasaran pembakaran. (Foto: AboutIslam)

Minneapolis, MINA – Dua masjid di Minneapolis, Minnesota, menjadi sasaran seorang pelaku pembakaran yang membakarnya satu per satu, menimbulkan kekhawatiran di kalangan komunitas Muslim.

Gubernur Minnesota Tim Walz mengutuk serangan itu, menyuarakan dukungan kepada komunitas Muslim.

“Di sini, di Minnesota, setiap orang harus bisa menjalankan keyakinan mereka tanpa rasa takut. Kepada anggota komunitas Muslim kami, hati saya bersama Anda hari ini. Kami tidak akan mentolerir tindakan kekerasan terhadap teman dan tetangga kami,” tulisnya di Twitter. AboutIslam melaporkan, Rabu (26/4).

Insiden pertama terjadi hari Ahad (23/4) ketika jamaah di Masjid Omar Islamic Center, sebuah masjid yang terletak di dalam 24 Somali Mall, menelepon polisi sekitar pukul 19:16 atas kebakaran di kamar mandi masjid, menurut polisi Minneapolis jamaah memadamkan api sebelum menyebar.

Baca Juga:  Negara Bagian Victoria Australia Larang Penggunaan Keffiyeh Palestina di Parlemen

Kebakaran kedua terjadi Senin (24/4) malam di Masjid Al Rahma yang terletak di gedung Mercy Islamic Center kurang dari satu mil dari Masjid Omar Islamic Center. Kebakaran di Masjid Al Rahma terjadi di lantai tiga, yang merupakan kantor bisnis yang disewakan.

Kebakaran tersebut menyebabkan kerusakan parah di lorong lantai tiga dan lantai dua yang membutuhkan biaya $50.000 untuk memperbaikinya.

“Ketika serangan terjadi, itu untuk anak-anak kita dan itulah yang membuatnya semakin mengganggu dan pribadi bagi saya,” kata Nimco Ahmed, Presiden Dana Aksi Koalisi Amerika Somalia, sambil menggendong putrinya yang berusia 3 tahun, Star Tribun melaporkan.

“Sangat menyedihkan karena keadaan yang kami sebut rumah ini sangat berharga bagi kami,” tambahnya.

Baca Juga:  Survei: 74 persen Guru Honorer Gajinya Kecil, Ada yang Dibawah Rp500

Polisi merilis foto keamanan tersangka laki-laki kulit putih. Namun, tidak ada penangkapan yang dilakukan dalam kebakaran di kedua masjid tersebut.

“Kami sangat yakin kami akan dapat membawa orang ini ke pengadilan, tetapi sementara itu kami tidak dapat membiarkan hal lain terjadi dan kami ingin dapat memastikan semua orang aman,” kata Kepala Polisi Minneapolis Brian O’Hara saat konferensi pers.

Merencanakan acara solidaritas pada Sabtu pukul 6 sore di masjid Masjid Al Rahma, para pembicara di konferensi pers menyuarakan dukungan untuk komunitas Muslim dan menyesali munculnya serangan Islamofobia.

“Kita harus melakukan sesuatu. Kebencian tidak bisa menang di negara kita,” ” kata Anggota Dewan Minneapolis Jamal Osman.

Baca Juga:  Brigade Jenin Serang Kamp Militer Zionis

Sebuah laporan CAIR, “Targeted: 2018 Civil Rights Report”, mencatat 144 insiden anti-masjid pada tahun 2017, 57 di antaranya merupakan kejahatan rasial.

Patut dicatat bahwa banyak komunitas lokal selalu datang untuk mendukung komunitas Muslim dalam banyak kasus.

Pada tahun 2021, anggota komunitas lokal di daerah Suffolk di Brentwood, New York, berkumpul untuk menunjukkan dukungan kepada masjid lokal yang dirusak.

Pada September 2019, perusakan tanda selamat datang baru di Islamic Center of Grand Junction, Colorado, mendorong masyarakat untuk menunjukkan dukungan dan memulai penggalangan dana untuk memperbaiki tanda yang rusak. (T/R7/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Ismet Rauf