Dubes Jepang Resmikan Bangunan Sekolah di Tepi Barat

Dubes Jepang Resmikan Bangunan Sekolah di Tepi Barat (foto: istimewa)

Tepi Barat, MINA – Masayuki Magoshi, Duta Besar Jepang untuk Urusan Palestina pada Senin (18/11) meresmikan bangunan sekolah di Desa Urif, Nablus, Tepi Barat.

Bangunan dengan empat kelas tersebut merupakan bantuan hibah Pemerintah Jepang melalui Proyek Keamanan Manusia Akar Rumput (GGP) dengan nilai sebesar 90.565 dolar Amerika Serikat (AS).

Sekitar 108 siswa Palestina akan langsung dapat menggunakan sekolah tersebut. Sebelumnya, mereka harus menempati sekolah sewaan di desa itu, demikian dikutip dari Kantor Berita Wafa, Selasa (19/11).

Dalam pidatonya, Magoshi menekankan komitmen kuat Jepang untuk mendukung rakyat Palestina dari perspektif keamanan manusia serta pentingnya menerapkan proyek pembangunan sosial dan ekonomi yang dibutuhkan untuk masyarakat Palestina.

Sejak 1993, Pemerintah Jepang telah memberikan bantuan pembangunan resminya sekitar 1,9 miliar dolar AS, kepada Palestina. Proyek-proyek GGP telah dirumuskan bekerja sama dengan Otoritas Palestina melalui Kementerian Keuangan dan Perencanaan sejak 2010 lalu. (T/Sj/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)