Dubes Jepang Resmikan Bantuan Proyek di Jalur Gaza

Gaza, MINA – Duta Besar dan Perwakilan Jepang untuk Palestina Takeshi Okubo mengunjungi dua tempat di jalur Gaza yang diduduki untuk meresmikan selesainya proyek-proyek yang didanai Jepang pada Selasa (16/10).

Dana sebesar 82.200 dolar telah diberikan ke Asosiasi al-Ahlyia sebagai Pengembang Kelapa Sawit dan Palm untuk memasang mesin produksi pakan ternak di Deir al-Balah, pusat Jalur Gaza yang diduduki. Demikian Ma’an News memberitakan pada Rabu (17/10).

Proyek yang didanai Jepang bertujuan untuk menyediakan pakan ternak yang murah secara stabil kepada para peternak di Deir al-Balah dan sekitarnya.

Penerima manfaat paling langsung dari proyek ini adalah 700 rumah tangga peternak.

Selain itu, Okubo mengunjungi al-Mughraqa Municipality di Gaza untuk meresmikan selesainya proyek jaringan pembuangan limbah yang didanai oleh pemerintah Jepang.

Pemerintah Jepang memberikan hibah sebesar 79.925 dolar untuk memperluas 1.275 m jaringan pembuangan kotoran dan untuk memperbaiki lingkungan hidup warga Gaza agar tidak terkena bahaya serius infeksi yang disebabkan oleh akumulasi air limbah di al-Mughraqa di Jalur Gaza.

Sekitar 300 penduduk (65 rumah tangga) mendapatkan manfaat terbesar dari proyek ini.

Dalam kedua peresmian tersebut Okubo menekankan, komitmen tegas Jepang untuk mendukung rakyat Palestina dari perspektif keamanan manusia.

“pentingnya melaksanakan proyek-proyek pembangunan sosial dan ekonomi yang diperlukan untuk masyarakat Palestina,” jelasnya. (T/Sj/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)