Duta Besar AS: Israel Belum Siap Untuk ‘Kesepakatan Abad Ini’

Amerika, MINA – Duta Besar AS untuk Israel, David Friedman, mengatakan, Israel saat ini tidak siap untuk menerima gagasan perdamaian Amerika Serikat di Timur Tengah yang disebut ‘Kesepakatan abad ini’.

Namun demikian ia membantah telah terjadi keretakan hubungan AS-Israel, termasuk hubungan pribadi Presiden AS Donald Trump dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Palestinian Post 24 melaporkan yang dikutip MINA, Senin (7/10).

Dia mengatakan, Trump masih memiliki rencana untuk menyelesaikan masalah Palestina, rencana itu akan diberitahukan setelah Israel siap.

Duta Besar anti-Palestina ini mengatakan rencana itu akan membuat Israel lebih kuat, lebih aman dan memuaskan semua pendukungnya, terlepas dari afiliasi agama mereka.

Mengenai pernyataan Netanyahu, menjelang pemilihan umum, yang mengatakan akan mencaplok Lembah Yordan dan utara Laut Mati ke Israel, Friedman mengatakan Pemerintah AS lebih memilih untuk berurusan dalam kerangka perdamaian komprehensif.

Dia mengatakan bahwa dari sudut pandang AS, Amerika ingin terlibat lebih jauh untuk menyelesaikan konflik secara keseluruhan daripada setengah-setengah.

Ketika ditanya tentang pakta keamanan Israel-AS, Friedman menegaskan bahwa komentar tentang itu terlalu”prematur”. Dia mencatat bahwa secara konseptual itu akan terbatas, setidaknya di pihak Israel.

Diplomat itu juga memperingatkan serangan terhadap Israel dapat memicu respons luar biasa dari negara terkuat di dunia, dengan merujuk pada AS negaranya. (T/sry/B01/P1).

Mi’raj News Agency (MINA).

Wartawan: hadist

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.