Ekspor Turki Meningkat pada Juni

Foto: AA

Ankara, 7 Syawal 1428/2 Juni 2017 (MINA) – Nilai naik 1,8% year-a-year menjadi US$12,7 miliar (sekitar Rp169 triliun) di bulan Juni, asosiasi eksportir utama negara itu mengatakan pada hari Sabtu (1/7).

Dewan Eksportir Turki (TIM) mengatakan ekspor pada semester pertama tahun ini juga naik 8,2% mencapai hampir US$76,4 (Rp1.013 triliun).

Total ekspor Turki dalam 12 bulan terakhir naik 4,5% dibandingkan dengan periode 12 bulan sebelumnya yang mencapai US$147,3 miliar.

Pada bulan Juni, sektor otomotif menyumbangkan ekspor tertinggi yakni sebesar US$2,5 miliar, naik 16,4% dibanding bulan yang sama tahun lalu.

Kemudian diikuti oleh sektor pakaian dan bahan kimia masing-masing US$1,4 miliar dan US$1,3 miliar.

“Kenaikan tertinggi di antara produk industri terlihat pada ekspor sektor perkapalan dan kapal pesiar dengan kenaikan 178%,” kata TIM.

Sektor ekspor lain yang menonjol pada bulan Juni adalah sektor zaitun dan produk minyak zaitun, yang naik 63%.

Laporan terpisah oleh Financial Times pada 12 Juni menunjukkan pertumbuhan Turki secara tak terduga melaju kencang pada awal tahun dengan kecepatan terbaik dalam hampir dua tahun.

Pertumbuhan produk domestik bruto (GDP) di Turki mencapai 5% dalam tiga bulan pertama tahun ini dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, dan naik dari 3,5% pada akhir 2016, ketika ekonomi kembali pulih setelah kuartal terburuk sejak krisis keuangan.

Sejumlah ekonom yang disurvei Bloomberg memperkirakan 3,5% untuk ekspansi year-on-year (YoY). Kinerja tersebut merupakan yang terbaik sejak kuartal ketiga 2015, dengan pertumbuhan kuartal ke kuartal naik 1,4%, menurut Turkstat. (R11/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)  

 

 

Wartawan: Syauqi S

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.