ELKISI Mojokerto Gelar Bakti Sosial Bantu Korban Banjir Bekasi

Bekasi, MINA – Dalam upaya meringankan persoalan warga terdampak musibah banjir, bersama sejumlah lembaga kemanusiaan menggelar bakti sosial di Perumahan Buni Lestari Indah, RT 27 RW 12, Babelan, Kabupaten Bekasi, Jumat (17/1).

“Banjir di wilayah Bekasi, Jawa Barat memang sudah surut. Namun dua pekan pasca-musibah banjir ini menyisakan berbagai persoalan bagi warga,” kata  Ketua Tim Medis Rumah Sehat Dokter Dokter Lulu.

Selain eLKISI Mojokerto, program ini melibatkan beberapa lembaga seperti Laznas Dewan Da’wah, Ormed, Aksi Relawan Mandiri Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (ARM-HA IPB), Ummat TV Peduli, serta Rumah Sehat Dewan Da’wah.

Menurutnya, salah satu persoalan pasca-banjir adalah kesehatan warga. Sebabnya, diantara kegiatan ini adalah pelayanan kesehatan gratis. “Karena penting mengingat ada sejumlah penyakit yang rentan muncul selepas banjir, seperti penyakit kulit, diare, Ispa, leptospirosis akibat urine tikus, dan lain-lain,” ujar Dokter Lulu.

Selain layanan kesehatan gratis, sinergi program berbagai lembaga ini juga memberi bantuan mesin pompa untuk mushala Miftahul Jannah yang terletak di tengah Perumahan Buni Lestari Indah.

“Kami juga memberi bantuan bingkisan untuk warga dan anak-anak. Penerima bantuan program ini 132 Kartu Keluarga dan 200 anak-anak. Semoga bantuan ini bermanfaat,” terang Dokter Lulu.

Sementara Ketua Rukun Tetangga Firman Antoni menyambut baik kegiatan yang diselenggarkan di wilayahnya. bantuan seperti ini sangat dibutuhkan warga.

“Belum ada bantuan seperti ini. Ya paling saat awal banjir surut, kami dapat bantuan alat-alat kebersihan untuk bersihkan lumpur,” jelas Anton.

Menurutnya, banjir yang melanda pada awal tahun 2020 ini merendam seluruh rumah warga. Sejumlah warga ada yang memilih mengungsi.

“Banyak warga yang mengungsi, ada dari tim SAR yang bawa perahu karet. Wilayah kami ini saat banjir sempat terisolir. Untuk menuju tempat aman, kami harus dievakuasi pakai perahu karet melewati beberapa perumahan yang juga terkena banjir,” kata Anton. (R/R4/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.