Enam Program Unggulan Rumah Zakat di Bulan Ramadhan

Jakarta,  MINA – Chief Executive Officer (CEO) Rumah Zakat Nur Efendi mengatakan, ada enam program unggulan Rumah Zakat  di Bulan Ramadhan 1443 H. Sementara untuk pendistribusiannya akan dilakukan di 1.695 Desa Berdaya binaan Rumah Zakat yang ada di 33 Provinsi.

“Adapun enam program tersebut adalah Berbagi Buka Puasa, Bingkisan Lebaran, Kado Lebaran Yatim, Syiar Qur’an, Ramadhan Bebas Hutang dan Wakaf Qur’an Braille,” kata Nur Efendi dalam Press Conference yang mengangkat tema Ramadhan Tahun ini #SaatnyaTumbuhBersama, Selasa (15/3), yang disiarkan oleh channel Youtube Rumah Zakat.

Ia menjelaskan, Ramadhan tahun ini Rumah Zakat berharap apa yang dilakukan pada tahun 2021 bisa berlanjut.

Ia menyebut stakeholder bersama mitra, akademisi termasuk media blogger dan lain-lain yang selalu memberikan informasi, update secara langsung kepada masyarakat program-program Rumah Zakat di Bulan Ramadhan 1443 H.

Rumah Zakat mengajak para donatur baik perorangan, komunitas, dan korporat berkolaborasi untuk mempercepat proses pemberdayaan di Indonesia.

“Dua tahun pandemi Covid-19 masih belum usai, Covid-19 berdampak pada ekonomi, kita mendengar tentang kesakitan, banyak kebangkrutan, banyak mendengar kematian, maka tahun ini saatnya kita untuk#SaatnyaTumbuh Bersama menumbuhkan semangat optimisme menumbuhkan kolaborasi di Indonesia,” Nur Efendi menjelaskan.

Adapun target Rumah Zakat di Tahun 2022 adalah 1,5 juta penerima manfaat, sementara tahun lalu, Alhamdulillah kita lebih dari satu juta.

“Harapannya kita bisa tumbuh bersama, apa yang kita berikan kepada masyarakat semakin banyak pula dan terbantu serta berdayakan. Apa yang kita lakukan bersama-sama ini adalah salah satu program unggulan dari rumah zakat,” paparnya.

Target tahun ini sebanyak 15% penerima manfaat dari program ekonomi Rumah Zakat, keluar dari garis kemiskinan, dan mengalami peningkatan kesejahteraan. Di tahun ini Rumah Zakat menargetkan 20% penerima manfaat keluar dari garis kemiskinan.

Program Rumah Zakat  berupa buka puasa, Bingkisan Lebaran keluarga kado lebaran yatim syiar Quran Ramadhan bebas hutang wakaf Quran An Braille adalah salah satu program baru Rumah Zakat bagi anak-anak yang tidak mampu tapi mempunyai keinginan yang kuat untuk membaca dan mempelajari Al-Quran.

“Semoga target 1,5 juta ini dapat tercapai tentunya ini tidak hanya di Jakarta saja, tetapi ini digulirkan dari Aceh sampai Papua di seluruh Indonesia bahkan tahun lalu  program-program ini bisa kita gulirkan di lima negara,” demikian Nur Effendi.

Hadir juga dalam kesempatan ini Chief Marketing Officer Irfan Nugraha, beberapa mitra Rumah Zakat, Asia Indonesia, Flip, Shipper, CARInih, dan MTUA Rekayasa Industri. serta beberapa perwakilan dari penerima manfaat. (L/R8/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)