Enam Tahanan Palestina Lanjut Mogok Makan, Fasfous Sudah 115 Hari

Ramallah, MINA – Enam melanjutkan mogok makannya di penjara-penjara Israel untuk memprotes mereka yang tanpa tuduhan atau pengadilan, Komisi Urusan Tahanan Palestina mengatakan, Sabtu (6/11).

Para tahanan adalah Kayed Fasfous yang sudah mencapai 115 hari, Miqdad al-Qawasmy 108 hari, Alaa al-Aaraj 91 hari, Hisham Abu Hawash 81 hari, Ayad al-Harimi 45 hari dan Loai al-Ashkar 27 hari.

Dalam pernyataan pers yang dikirim ke The New Arab, Komisi Urusan Tahanan mengatakan bahwa enam tahanan menderita kondisi kesehatan yang parah, terutama al-Fasfous.

“Sayangnya, kondisi kesehatan Fasfous telah mencapai tahap yang menantang dan berbahaya, yang dapat menyebabkan kematiannya setiap saat, karena ia menderita sakit parah di seluruh tubuhnya dan merasa panas, serta menderita kelelahan parah dan ketidakmampuan untuk bergerak,” kata Komisi.

Selain itu, status kesehatan al-Qawasmy juga dalam kondisi parah, karena ia menderita keracunan darah dan masalah pada jantung, paru-paru, ginjal, dan hati, yang mempengaruhi kemampuannya untuk bergerak, berbicara, dan melihat.

Para tahanan berada di klinik penjara Ramleh, menurut komisi tersebut.

Pada hari Kamis (4/11), Penuntut Israel mengeluarkan perintah penahanan administratif terhadap al-Qawasmy, dan administrasi penjara Israel memutuskan untuk memindahkannya dari unit perawatan intensif di Rumah Sakit Kaplan dan mengembalikannya ke klinik penjara Ramleh.

Pihak berwenang Israel menangguhkan kembali penahanan administratif Kayed Fasfous untuk kedua kalinya, menyusul petisi yang diajukan oleh pengacaranya kepada Mahkamah Agung Israel untuk mengakhiri penahanannya.

“Penangguhan penahanan administratif bukan berarti pembatalan penahanan, dan dari narapidana menjadi narapidana tidak resmi di rumah sakit sehingga ia tetap berada di bawah penjagaan keamanan rumah sakit, bukan penjaga penjara,” kata komisi itu.

Tahanan Palestina telah melakukan mogok makan beberapa kali dalam beberapa tahun terakhir.

Pada tahun 2014, sekitar 220 tahanan administratif melakukan mogok makan selama 63 hari melawan penahanan mereka yang tanpa pengadilan. Pemogokan berakhir dengan kesepakatan jalan buntu dengan otoritas Israel, mengakhiri tindakan hukuman terhadap mereka dan menegosiasikan kembali penangkapan mereka.

Pada bulan April 2017, lebih dari 1.500 tahanan Palestina dari semua afiliasi, yang dipimpin oleh pemimpin tahanan Palestina Marwan Barghouti, memulai mogok makan yang berlangsung selama 40 hari, diakhiri dengan kesepakatan di mana otoritas Israel mengakui semua tuntutan mereka mengenai kondisi di penjara.

Pada tahun 2019, lebih dari 400 tahanan Palestina menolak makanan selama sembilan hari setelah kemunduran kondisi penahanan mereka, terutama tahanan wanita. Sekali lagi, itu berakhir dengan Israel mengakui semua tuntutan mereka. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.