ESSEBSI KLAIM MENANGKAN PILPRES TUNISIA

Kandidat Beji Caid Essebsi nyatakan ungguli saingannya Mohsein Marzouk dalam Pemilu Presiden Ahad (21/12). (Foto: AA)
Kandidat Beji Caid Essebsi nyatakan ungguli saingannya Mohsein Marzouk dalam Pemilu Presiden Ahad (21/12). (Foto: AA)

Tunis, 29 Safar 1436/22 Desember 2014 (MINA) – Tim kampanye Beji Caid Essebsi telah mengklaim kandidatnya sebagai pemenang pemilihan umum Ahad (21/12).

Seiring itu, tim kampanye kandidat Mohsen Marzouk yang berstatus sebagai presiden sementara, mengakui indikasi kemenangan Essebsi.

“Hasil perhitungan sementara menunjukkan Essebsi telah memenangkan suara,” kata manajer kampanye kandidat Mohsen Marzouk kepada wartawan di Tunis, tak lama setelah penghitungan suara dimulai di sekitar 10.000 TPS di seluruh Tunisia, Anadolu Agency yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Sementara itu, Essebsi mengatakan kepada televisi pemerintah, ia menunggu hasil perhitungan akhir pemilu, dan ia menyeru saingannya, Marzouki, untuk bekerja sama dengannya dalam membangun masa depan Tunisia.

Anggota komisi pemilihan, Nabil Bafoun mengatakan, satu setengah jam sebelum pemungutan suara ditutup, hampir 47 persen dari pemilih yang terdaftar telah memberikan suaranya.

Hampir 5,3 juta warga Tunisia yang berhak memberikan suaranya di babak final pemilihan presiden demokratis pertama di negara itu.

Putaran pertama pemilihan presiden, di mana 27 calon bersaing, menampilkan Essebsi memenangkan 1,9 juta suara (39,4 persen) dan Marzouki sekitar 1,1 juta suara (33,4 persen). (T/P001/R03)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0