FBI: Penembak di Orlando Pendukung ISIS dan Al-Qaeda

Washington, 9 Ramadhan 1437/14 Juni 2016 () – Direktur FBI James Comey mengatakan, pelaku penembakan di klub malam komunitas gay di Orlando adalah pendukung dua kelompok bersenjata yang saling berseteru, yaitu Islamic State (ISIS) dan Nusra Front (Al-Qaeda).

Seorang pria Amerika bernama Omar Mateen (29) telah melakukan penembakan massal yang menewaskan sedikitnya 49 orang pada Ahad malam lalu.

Comey mengatakan pada Senin (13/6), tersangka tidak hanya berjanji setia kepada ISIS, tapi juga menyatakan solidaritasnya kepada Tsarnaev bersaudara, terduga pelaku bom Marathon Boston yang meninggal atas nama Nusra Front, afiliasi Al-Qaeda di Suriah.

Dia menambahkan, Mateen juga menyatakan dukungannya kepada Hizbullah, kelompok militan berpaham Syiah yang menjadi seteru ISIS dan Al-Qaeda, demikian Al Jazeera memberitakan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Baca Juga:  Massa Pendukung Israel Serang Mahasiswa Pro-Palestina di Universitas California

Peristiwa itu adalah yang terburuk dalam sejarah penembakan massal di AS.

Pelaku penembakan sengaja menelepon 911 selama serangannya di klub malam Pulse untuk mengungkapkan kesetiaannya kepada ISIS.

Tapi Comey meyakini, Mateen memiliki “tanda-tanda kuat dari radikalisasi”.

FBI telah menyelidiki Omar Mateen selama 10 bulan sejak Mei 2013 setelah ia dilaporkan memberikan komentar yang mendukung “teroris”.

Sementara itu, Presiden Amerika Serikat (AS) pada Senin mengatakan, tidak ada bukti bahwa penembak massa di Orlando “diarahkan secara eksternal” oleh kelompok ISIS.

“Tampaknya penembak terinspirasi oleh berbagai informasi ekstremis yang disebarluaskan melalui internet,” kata Barack Obama pada awal pertemuan dengan tim keamanan nasionalnya di Gedung Putih. (T/P001/R02)

Baca Juga:  Erdogan Desak Muslim Bersatu Hentikan Genosida Israel di Gaza

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.