Festival dan Kompetisi Robotik Madrasah 2016 Resmi Dibuka

Jakarta, 30 Muharram 1438/31 Oktober 2016 (MINA) – Festival dan Kompetisi 2016 telah resmi dibuka. Acara tahunan tersebut diselenggarakan oleh Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama di Mall of Indonesia, Jakarta Utara, Senin (31/10).

“Dengan mengucapkan Bismillahiraanirahim, Festival dan Kompetisi Robotik Madrasah 2016 resmi saya nyatakan dibuka,” ujar Direktur Pendidikan Madrasah Prof. DR. Phil. Nur Kholis Setiawan saat membuka kontes, demikian Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkannya.

Acara itu diikuti oleh 90 peserta dari 240 orang yang mendaftar, peserta dibagi menjadi 45 tim, satu tim berjumlah dua orang dari jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA).

Ia menambahkan, kontes ini merupakan salah satu bentuk program pemerinta memonitoring, mengevaluasi juga membimbing dalam upaya meningkatkan kualitas siswa dan siswi madrasah, juga memberitahu kepada masyarakat bahwa siswa madrasah berintelektual.

“Tentu kami akan melakukan evaluasi yang seius agar kemudian festival dan kompetisi robotik tahun 2018 bisa jauh lebih meriah,” kata Nur Kholis.

Menururtnya, untuk menjadi bangsa yang besar selain harus memiliki intelektual yang tinggi, ahlakul karimah yang baik juga sangat diperlukan, dan dirinya percaya bahwa dua hal itu dimiliki oleh siswa siswi yang berasal dari madrasah.

“Saya sangat yakin, percaya diri madrasah adalah generasi penerus bangsa, karena kalian generasi penerus yang ‘pinter juga sekaligus bener’,” tutup Nurkholis.

Acara pembukaan ditutup dengan pekikan yel-yel “Madrasah Lebih Baik, Lebih Baik Madrasah” dari para pengunjung juga peserta. Para pemenang akan diberikan uang jutaan rupiah, selain itu untuk juara 1 dari MTs dan MA akan diberangkatkan untuk pergi ke Jerman secara gratis. (L/M09/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)