Festival Pencak Silat Pemprov Kalsel Jelang Haornas

Banjarmasin, MINA – Jelang Haornas, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) akan menggelar Festival Pencak Silat se-Kalsel.

Bertajuk Festival Pencak Silat Budaya Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2020, event ini bekerja sama dengan Assosiasi Perguruan Pencak Silat Budaya Indonesia (APPSBI) Kalimantan Selatan yang akan digelar di Kiram Park, Desa Kiram Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar pada Jumat-Sabtu (18-19) September mendatang.

“Ini dalam rangka pelaksanaan program pembinaan dan Pengembangan olahraga tradisional dan melestarikan Silat Budaya di Banua,” kata Hermansyah selaku Kadispora Kalsel dalam keterangan tertulis yang diterima MINA, Senin (7/9).

Kegiatan sekaligus dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke 37 Tahun 2020. Untuk itu panitia meminta keikutsertaan daerah/perguruan untuk mengirimkan pesertanya.

“Tempat pendaftaran di Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Provinsi,” katanya.

Pedoman peraturan Festival Pencak Silat Budaya Tahun 2011 akan disesuaikan dengan situasi dan kondisi daerah setempat. Golongan umur adalah gabungan dari golongan anak-anak, remaja,
dan dewasa dengan umur 5 – 40 tahun, boleh putra dan putri atau gabungan keduanya.

Jumlah peserta Festival Pencak Silat Budaya adalah antara 5 – 10 orang per Regu meliputi gerak yang dinamis dari kategori tunggal (perorangan), ganda (berpasangan), beregu (berkelompok) dan cerita yang bertema dan dalam penampilannya dapat menggunakan properti seperti senjata, yang jenis dan asalnya asli nusantara.

“Pendaftaran telah dibuka dan akan ditutup pada hari Kamis, 17 September 2020 pukul 16.00 Wita atau sewaktu-waktu apabila kuota peserta telah terpenuhi,” kata Hermansyah. (R/R11/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)