Filipina Selatan Koordinasi dengan Negara-negara Tetangga Pantau Hilal 1 Ramadhan

Zamboanga, 28 Sya’ban 1437/5 Juni 2016 (MINA) – Lembaga , Regional Darul Ifta’ (RDI), akan berkoordinasi dengan negara-negara tetangga untuk mencari penampakan hilal (bulan sabit) sebagai tanda awal bulan di beberapa provinsi.

RDI di Otonomi Wilayah Muslim Mindanao (ARMM) telah menyiapkan petugas dan teleskop untuk kantor mereka dan pejabat agama di Semenanjung Zamboanga, salah satu provinsi berpenduduk mayoritas Muslim.

Direktur Eksekutif RDI-ARMM Alim Abdulmuhmin Mujahid menjelaskan, Ramadhan sebagai bulan kebangkitan iman, memperkuat hubungan dengan Allah, dan kemurahan hati.

“Ramadhan menyajikan kita pesan bermakna. Ini menghidupkan Iman kami, memperkuat hubungan kita dengan Allah, dan mengembalikan hubungan yang rusak dengan saudara-saudara kita,” katanya menggarisbawahi, demikian Anadolu Agency memberitakan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Dia menambahkan bahwa para pejabat telah ditunjuk untuk mencari bulan sabit di provinsi-provinsi Maguindanao, Lanao del Sur, Basilan, Sulu dan Tawi-Tawi, dan akan berkoordinasi erat dengan rekan di negara-negara tetangga yakni Malaysia, Indonesia, Brunei, Thailand dan Singapura.

Mujahid menekankan bahwa Ramadhan adalah waktu untuk merenungkan perbuatan kita dalam beberapa bulan terakhir, dan waktu untuk meminta maaf.

Bulan lalu, RDI-ARMM menyelenggarakan konvensi pemimpin Muslim, ulama, ahli hukum dan perwakilan organisasi dari seluruh negeri di kota selatan yang didominasi warga Kristen Zamboanga untuk membahas Ramadhan.

Fihak berwenang juga telah mendistribusikan kalender yang menunjukkan waktu salat selama bulan Ramadhan di wilayah ARMM. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

http://aa.com.tr/en/asia-pacific/philippines-muslim-south-prepares-for-ramadan/584138

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.