Formula E : Anies Tunjuk Sekjen IMI, Ahmad Sahroni, Jadi Ketua Pelaksana

Jakarta, MINA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melalui PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menunjuk Sekjen Ikatan Motor Indonesia (IMI), Ahmad Sahroni sebagai ketua pelaksana event balap mobil listrik internasional Formula E atau Jakarta E-Prix.

Dalam pelaksanaannya, Sahroni akan dibantu oleh Ketua Umum IMI, Bambang Soesatyo yang menjadi Ketua Panitia Pengarah Jakarta E-Prix.

Keputusan tersebut diumumkan setelah pertemuan antara Co-founder Formula E, Alberto Longo; Direktur Utama PT Jakpro, Widi Amanasto; Ketua Umum IMI, Bambang Soesatyo; dan Sekjen IMI, Ahmad Sahroni di Menteng pada Rabu (24/11).

Sebelumnya IMI, PT Jakpro, dan Formula E Operation (FEO) menyelenggarakan konferensi pers.

Pertemuan tersebut membahas perkembangan event yang diselenggarakan oleh Pemprov DKI Jakarta melalui Jakpro ini. Anies menyampaikan persiapan untuk event internasional yang akan digelar 4 Juni 2022 tersebut berjalan dengan baik.

Anies juga mengungkapkan, kegiatan Formula E pada tahun depan mengadopsi skema kolaborasi, sehingga Jakpro akan berkolaborasi dengan IMI dalam mengorganisir event tersebut.

“Jadi Kegiatan Formula E nanti akan diselenggarakan sebagai sebuah kolaborasi. Akan ada Steering Committee yang dipimpin langsung Pak Bambang Soesatyo Ketua IMI, lalu Organizing Committee yang dipimpin Pak Sahroni, dan Operasional Pelaksanaan akan dikerjakan Jakpro,” ujar Anies.

Dengan skema kolaborasi tersebut, Anies berharap event Formula E akan berjalan sukses dan lancar. Terlebih IMI telah berpengalaman dalam menyelenggarakan event balapan, baik itu roda dua, roda empat, maupun yang lainnya.

“Kita berharap ini akan jadi event yang kita bisa kirimkan pesan kepada dunia bahwa Indonesia bangkit dan siap menjadi bagian dari dunia global dan kita setara dengan negara lainnya,” katanya.

Optimisme Anies disambut baik Co-founder Formula E, Alberto Longo. Ia berkeinginan menjadikan event Formula E di Jakarta sebagai event balap mobil listrik paling sukses dalam sejarah.

“Saya sangat senang dengan pengumuman yang dibuat oleh Pak Gubernur, serta adanya pembentukan komite dan juga Jakpro. Saya akan memastikan bahwa acara Formula E akan menjadi salah satu acara paling sukses dalam sejarah,” kata Alberto

Sementara itu, Ketua IMI Bambang Soesatyo mengatakan event Formula E merupakan event besar kedua yang ditangani IMI. Sebelumnya IMI juga menangani event WBSK atau Superbike di Mandalika belum lama ini.

Ketua MPR ini juga berharap dengan adanya event Formula E tahun depan juga akan menggerakkan perekonomian nasional.

Terkait lokasi sirkuit dan penyelenggaraan Formula E nantinya akan ditentukan bersama antara FEO, IMI dan Jakpro dan hasil dari penentuan lokasi tersebut akan dilaporkan ke Presiden Joko Widodo. (R/R7/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)