Forum Internasional Peninggalan Al-Farabi Digelar di Ibukota Kazakhstan

(Foto: UNA-OIC)

Nur-Sultan, MINA – Forum internasional bertema “Harmoni Peradaban di Sepanjang Jalan Sutra” bertepatan dengan peringatan 1.150 Tahun Cendikiawan dan Ilmuwan Besar Muslim Abu Nasr Al-Farabi, diadakan secara online di ibu kota Kazakhstan, Nur-Sultan, Ahad (25/10).

Menteri Luar Negeri Kazakhstan Krymbek Kusherbayev menyatakan, tahun ini untuk Kazakhstan dan Dunia Turki secara keseluruhan adalah tahun yang spesial dan bersejarah.

“Kami merayakan ulang tahun ke 175 Abai, 1.150 tahun Al-Farabi, 750 tahun Golden Horde dan 2.200 tahun Shymkent, yang dinyatakan sebagai ibukota budaya CIS,” kata Kusherbayev, dilansir UNA-OIC.

Forum tersebut diselenggarakan oleh Akademi Turki Internasional dengan dukungan dari Akademi Nasional Kazakhstan untuk UNESCO dan ICESCO , serta Komisi Nasional Iran.

Forum tersebut mempertemukan ilmuwan dari 30 negara bagian di dunia. Pertemuan tersebut diterjemahkan ke dalam enam bahasa dunia dan disiarkan secara virtual melalui media sosial resmi.

Sebelumnya, monumen peringatan 175 tahun penyair Kazakhstan Abai dan peringatan 1.150 tahun Abu Nasr Al Farabi dibuka di Turkestan, Sabtu (24/10).

Wakil Perdana Menteri Kazakhstan Yeraly Tugzhanov, Menteri Luar Negeri Kazakhstan Krymbek Kusherbayev, dan Gubernur wilayah Turkestan Umirzak Shukeyev ikut serta dalam upacara pembukaan monumen yang khidmat. Monumen tersebut dibuat seorang pematung Gulfiya Meldesh.(T/R1/RS1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)