FOZ: ZAKAT BERPERAN BESAR DALAM PELAYANAN UMAT

Konferensi Press Forum Zakat Nasional (Foto: Kurnia/MINA)
Konferensi Press Forum Zakat Nasional (Foto: Kurnia/MINA)

Jakarta, 20 Ramadhan 1436/7 Juli 2015 (MINA) – Ketua Umum Forum Zakat Nasional (FOZ), Nur Efendi mengatakan, zakat mempunyai peran besar dalam melayani kesehatan umat melihat besarnya potensi dana yang dihimpun.

Meski saat ini lembaga amil zakat baru berhasil mengumpulkan sekitar 1,5 persen dari potensi 217 triliun rupiah, namun ada kecenderungan meningkat dari tahun ke tahun.

“Hal itu sangat positif dan tentu menimbulkan optimisme. Sampai saat ini, data kasar yang dihimpun Sekretariat Forum Zakat, sudah ada sekitar satu juta pasien terlayani melalui layanan kesehatan lembaga zakat itu, selama kurun waktu dua tahun terakhir,” kata Nur Efendi dalam Konferensi pers yang digelar Forum Zakat (FOZ) di Kantor PP Muhammadiyah, Jakarta, Selasa (7/7).

“Ini baru pasien yang menjadi anggota pengobatan di rumah sakit, klinik dan pos kesehatan lembaga zakat. Tidak terhitung penerima layanan bakti sosial kesehatan yang metodenya hit and run yang terjadi di beberapa komunitas dan area,” ujarnya.

Menurut Nur Efendi, dunia zakat tumbuh 30 hingga 40 persen tiap tahun.

“Ini menunjukkan kepercayaan umat yang tumbuh dari waktu ke waktu, menunaikan zakat melalui amil zakat sangat bermanfaat untuk disalurkan melalui program seperti ini. Terlebih karena Indonesia merupakan negara yang rawan bencana,” kata Nur Efendi. (L/P002/P011/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0