FT UI Bangun Smart Connected Engineering Campus

Menristekdikti, Muhammad Nasir. (Foto: Humas)

Depok, MINA – Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) bekerjasama dengan Honeywell Hometown Solutions (sebuah perusahaan asal Amerika Serikat) membangun Smart Connected Engineering Campus.

Ini merupakan sebuah laboratorium kendali canggih terhubung pertama di Indonesia.

Laboratorium kendali ini memungkinkan FTUI menerapkan konsep building integration yang biasa digunakan gedung-gedung modern. Kemampuan integrasi yang bisa dilakukan diantaranya adalah sistem kontrol listrik untuk penghematan energi, akses kontrol pintu dengan kartu , pengawasan CCTV, pencatatan penggunaan energi listrik, dan monitoring alarm kebakaran.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir dalam acara peresmian Smart Connected Engineering Campus FTUI mengatakan, kerjasama ini adalah bentuk dukungan dari Amerika Serikat untuk memajukan perguruan tinggi dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

“Smart Connected Engineering Campus penting untuk diterapkan di Indonesia. Kerjasama ini harus ditingkatkan lagi di perguruan tinggi lain terkait perkembangan teknologi terkini,” kata Nasir di Kampus FTUI, Depok, Kamis (1/3).

Nasir juga berharap, mahasiswa di Fakultas Teknik UI dapat memanfaatkan kecanggihan laboratorium ini untuk proses pembelajaran dan hasilnya dapat digunakan untuk mengembangkan riset.

Sementara itu, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R. Donovan Jr. mengatakan, teknologi yang memainkan peran kunci saat ini membuat Amerika Serikat terdorong untuk membantu Indonesia dalam hal penerapan teknologi.

“Ini adalah contoh nyata dari kemitraan yang kuat antara Indonesia dengan Amerika Serikat serta manfaat yang dapat diraih oleh kedua belah pihak. Dan disini mahasiswa Fakultas Teknik UI akan mendapatkan manfaatnya untuk membantu sistem pembelajaran dengan penggunaan teknologi yang mumpuni,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama Rektor UI Muhammad Anis mengatakan, Smart Connected Engineering Campus menyajikan terkoneksinya berbagai fasilitas di kampus khususnya FTUI di dalam sebuah ruang kontrol.

“Diharapkan fasilitas ini menjadi penunjang penelitian dan peningkatan keterampilan mahasiswa dalam memanfaatkan teknologi di era revolusi industri 4.0 serta menjadi contoh kemitraan perguruan tinggi dan industri secara berkelanjutan,” tutur Anis.

Acara peresmian ini juga dihadiri Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Muhammad Dimyati, Direktur Honeywell Hometown Solutions Kerry Kennedy, Direktur Honeywell Indonesia Roy Kosasih, dan Vice President of Asia HGR Communications Lydia Lu. (R/R09/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Risma Tri Utami

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.