Fusi Foundation Gelar Grand Launching Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid SALAM

(Foto: Istimewa)

Jakarta, MINA – , sebagai forum silaturahmi alumni Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI), menggelar Grand Launching teknologi (sterilisasi lantai masjid) di Masjid Ukhuwah Islamiyah (MUI), Kampus , Jumat (24/7).

Ketua Umum Fusi Foundation Ahmad Fitrianto menjelaskan, SALAM merupakan teknologi sterilisasi alas sujud di masjid dan mushola berbasis sinar UVC yang efektif dan mudah digunakan.

“Setelah melalui serangkaian penyempurnaan desain, prototipe SALAM mendapat dukungan positif dari segenap elemen bangsa Indonesia yang merindukan hadirnya solusi Desain Produk untuk masyarakat Indonesia menghadapi masa new normal,” kata Ahmad saat memberikan sambutan.

Kegiatan ini dihadiri Dekan Fakultas Teknik Universitas Indoensia (FTUI) Dr. Ir. Hendri D.S. Budiono, M.Eng.; Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI) Andre Rahardian, Ketua DKM Masjid Ukhuwah Islamiyah UI, serta perwakilan para donatur dan penerima manfaat.

Ahmad menjelaskan penamaan teknologi SALAM ini artinya doa keselamatan dan keberkahan.

“Kami berharap ada keselamatan dan keberkahan bagi segenap jamaah dengan wasilah teknologi ini untuk sterilisasi alas sujud di masjid dan mushola,” imbuhnya.

Menurutnya, area utama yang menjadi obyek vital potensi penularan virus berbasis aerosol adalah lantai dan berbagai variasi alas sujudnya baik karpet, tikar maupun sajadah.

“Suci dari hadats besar dan hadats kecil adalah bagian dari syarat sah sholat. Suci dari najis pada pakaian, badan, dan tempat sholat juga menjadi syarat sah sholat. Kedua hal tersebut menjadi inspirasi kami mengembangkan teknologi sterilisasi lantai masjid,” ujar Ahmad.

ILUNI UI, ILUNI FTUI, Yayasan Masjid Nusantara (YMN) dan ZIS Indosat menjadi lembaga donor sekaligus mitra penyalur SALAM untuk masjid dan mushola.

Desain orisinil dan tepat guna teknologi SALAM berhasil menjadi pemenang utama kompetisi World Industrial Design DayTM (WIDD) yang digelar Indosat Ooredoo secara Online bertemakan “Design For Everyday Life.”

Program tersebut menginduk ke World Design OrganisationTM (WDO), lembaga internasional mitra Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang secara serempak juga diselenggarakan di 85 kota seluruh dunia.

Sejumlah pengurus DKM Masjid perkantoran dan perumahan hingga donatur perorangan turut mewujudkan produksi perdana SALAM sebanyak 100 unit.

SALAM (Sterilisasi Lantai Masjid) merupakan karya inovasi sahabat Fusi Foundation yang desainnya diwakafkan untuk bangsa Indonesia sebagai upaya dalam menghadirkan keamanan dan kenyamanan beribadah dari ancaman COVID-19.

Peluncuran inovasi tersebut diakhiri dengan diserahterimakan SALAM kepada para donatur dan penerima manfaat.

Ketua Umum ILUNI Andre Rahadian berharap teknologi ini bisa dirasakan oleh segenap bangsa Indonesia bahkan dunia. (L/R1/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.