Festival Timur Tengah Dapat Tingkatkan Bahasa Arab Mahasiswa dan Pelajar

Grand Opening Festival Timur Tengah 2022, Senin (28/11) di Auditorium IV FIB UI Depok. (Foto: Gunawan MINA)

Depok, MINA – Ketua Panitia Festival Timur Tengah 2022 Nauval Baharmus mengatakan, Festival Timur Tengah (FTT) bertujuan untuk meningkatkan bahasa Arab mahasiswa dan pelajar di Indonesia.

“Festival Timur Tengah ini acara tahunan pergelaran seni, parade, seminar, perlombaan yang merupakan program kerja dari Ikatan Keluarga Asia Barat Himpunan Prodi Sastra Arab FIB UI,” kata Nauval kepada MINA, Senin (28/11) di Auditorium IV FIB UI Depok.

Ia menjelaskan, peran kita menjadi mahasiswa atau pelajar di lembaga pendidikan Arab adalah meningkatkan dan mengembangkan bahasa Arab atau membentuk lingkungan berbahasa dalam meningkatkan penguasaan bahasa Arab.

“Dalam FTT ada beberapa perlombaan diantaranya ada lima lomba yaitu lomba debat bahasa Arab, taqdimul qishoh (bercerita), membaca berita, dubbing kartun dan menyanyi dengan bahasa Arab,” kata Nauval.

Ia mengatakan, jumlah peserta ada sekitar 117 mahasiswa dan pelajar dari berbagai daerah di Indonesia.

“Semoga diadakannya festival ini dapat meningkatkan kepandaian berbahasa Arab dengan demikian kampus atau sekolah-sekolah yang menyediakan wadah untuk berbahasa Arab, mereka bisa membentuk lingkungannya sendiri, sehingga bahasa Arab bisa menjadi bahasa nomor satu di dunia,” pungkas Nauval.

Ikatan Keluarga Asia Barat (IKABA) selaku Himpunan Mahasiswa Jurusan Sastra Arab Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) menyelenggarakan Festival Timur Tengah 2022.

Kegiatan ini berlangsung selama empat hari, Senin-Kamis, 28 November – 1 Desember 2022, di Auditorium Gedung 4 FIB UI Depok, mengusung tema “Mengenang Sejarah Arab untuk Masa Depan yang Lebih Baik.”

Festival ini dibuka secara resmi oleh Duta Besar Uni Emirat Arab (UEA) untuk Indonesia dan Asean, Y.M. Abdulla Salem Al- Dhaheri bersama Wakil Dekan bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan Dr. Untung Yuwono mewakili Dekan FIB UI dan Ketua Program Studi Arab FIB UI Bastian Zulyeno, Ph.D. di Auditorium Gedung 4 FIB UI Depok, Senin (28/11). (L/R8/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)