Gempa Garut Rusak Sejumlah Rumah di 11 Kabupaten

Garut, MINA – Sebelas kabupaten di Jawa Barat terdampak Gempa bumi berkekuatan M 6,5 yang mengguncang wilayah Kabupaten Garut pada Sabtu (27/4) tengah malam, pukul 23.29 WIB. Gempa mengakibatkan kerusakan rumah warga di sejumlah daerah tersebut, meski belum ada data rinci yang dikeluarkan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis data terkini, pusat gempa berada di Laut Selatan Jawa, 151 km Barat Daya Kabupaten Garut dengan kedalaman 10 km. Namun BMKG menyatakan, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

BPBD Provinsi Jawa Barat melaporkan sementara terkait kerusakan rumah warga dan fasilitas bangunan lainnya.  Kerusakan dilaporkan terjadi di Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, sejumlah rumah warga terdata rusak sedikitnya di sembilan kecamatan di Tasikmalaya dengan sebaran kerusakan di beberapa desa dalam kecamatan tersebut.

Sementara di Garut, kerusakan rumah akibat gempa tersebar di Kecamatan Pameungpeuk, Cilawu, Talegong, Wanaraja, Sukawening, Garut Kota, Sucinarasa, Pakenjeng, Singajaya, dan sejumlah desa di wilayah Selatan Garut.

Di Bandung Barat, Bandung, Sukabumi, Ciamis, Pangandaran, Purwakarta, dan Kota Cimahi juga dilaporkan terdapat kerusakan rumah warga dan fasilitas umum lainnya. Data yang dirilis BPBD Provinsi Jawa Barat tersebut masih bersifat dinamis dan terus diperbaharui.

BPBD Jawa Barat mengimbau warga di lokasi terdampak tetap waspada dan melaporkan informasi terkini kepada petugas. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Arif Ramdan

Editor: Rudi Hendrik