Gempa Kuat Guncang Barat Daya Cina, Sedikitnya 13 Orang Tewas

Foto: CNN

Chengdu, MINA – Gempa berkekuatan 7,0 pada skala Richter (SR) melanda daerah terpencil di Provinsi Sichuan di barat daya pada Selasa (8/8) malam waktu setempat. Korban tewas telah meningkat dari lima menjadi 13 orang.

Kantor informasi pemerintah provinsi mengatakan hingga pukul 09.30 waktu setempat tercatat 175 orang yang terluka.

Gempa mengguncang Jiuzhaigou County, tujuan wisata yang populer, pada pukul 21:19 di kedalaman 20 kilometer, kantor berita Xinhua melaporkan.

Presiden Cina Xi Jinping telah menyerukan upaya skala penuh dan cepat dalam upaya menyalurkan bantuan dan menyelamatkan orang-orang yang terluka setelah gempa berkekuatan 7,0 SR melanda Provinsi Sichuan.

“Pihak berwenang harus memeriksa dampak gempa tersebut, mengevakuasi dan menampung wisatawan dan masyarakat setempat, dan memperkecil korban tewas dan luka-luka semaksimal mungkin,” ujar Xi.

Xi menambahkan karena gempa terjadi pada masa banjir dan musim pariwisata, pihak berwenang harus meningkatkan peringatan dini meteorologi dan pemantauan geologi untuk mencegah bencana lainnya.

“Lakukan yang terbaik untuk melindungi nyawa dan harta benda masyarakat,” kata kata Xi.

Sementara itu Perdana Menteri Li Keqiang juga mendesak pemerintah daerah melakukan semua pekerjaan bantuan dan pemantauan.

Kabinet Cina, Dewan Negara, telah mengirimkan tim kerja nasional ke daerah yang dilanda bencana untuk memandu pekerjaan bantuan.

Pemerintah daerah telah mengaktifkan prosedur tanggap darurat tingkat tinggi. (T/R11/)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Syauqi S

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.