Gubernur Anies Resmikan Gerai Bersubsidi Bagi Serikat Pekerja

Jakarta, MINA – Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan meresmikan Sekretariat Federasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Logam Elektronik dan Mesin (LEM) di Jl. Komarudin No. 16, Cakung, Jakarta Timur pada Selasa (26/2).

Gerai yang menyediakan pangan dengan harga terjangkau tersebut merupakan upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui PD Pasar Jaya dan SPSI dalam menghadirkan keadilan sosial, khususnya bagi buruh Ibu Kota.

“Selalu kita mulai dengan bersyukur bahwa alhamdulillah niat yang sudah kita canangkan telah dimudahkan ikhtiarnya. Hari ini kita diberikan nikmat kesehatan, bisa sama-sama menghadiri sebuah peristiwa yang sangat bersejarah. Karena ini pertama kalinya kita membuka gerai bersama-sama dengan teman-teman Serikat Pekerja,” ujar Anies mengawali sambutannya.

Dalam kegiatan yang juga dilakukan pemberian Kartu Pekerja tersebut, Anies menekankan kebijakan Pemprov DKI Jakarta dalam membuka peluang bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Ia juga menegaskan upaya mengentaskan ketimpangan di Ibu Kota harus dilakukan bersama-sama, salah satunya melalui Gerai SPSI LEM yang menghadirkan kebutuhan pangan bersubsidi.

“Nanti kita bangun lebih banyak. Kalau bisa di seluruh Jakarta kita memiliki gerai-gerai seperti ini. Gerai ini harus hadir di manapun, di tempat yang kita nilai memiliki kebutuhan pangan bersubsidi. Begitu kita melihat kampung yang di sana ada kemiskinan yang ekstrem, di situ kita harus hadir. Begitu di sana kita menyaksikan ada industri di mana para pekerja yang bekerja dengan upah di ambang batas, kita harus hadir. Kita harus hadir di tempat-tempat yang membutuhkan,” jelasnya.

Anies juga berharap masyarakat sekitar bisa terus memberikan saran, kritik dan masukan agar setiap kebijakan menjadi tepat sasaran maupun tepat guna. Ia pun mengharapkan manfaat atas kebijakan penyediaan kebutuhan pangan murah mampu dirasakan pekerja dan buruh di sektor lain seperti pendidikan.

“Saya berharap sekali ini mudah-mudahan menjadi pembuka dan bagi masyarakat yang berada di sekitar sini, nanti berikan feedback. Berikan kepada kita masukan sebagai pengguna, apa yang perlu kita tingkatkan dari gerai ini. Karena tugas kita dan PD Pasar Jaya bertanggung jawab untuk bisa terus-menerus melakukan peningkatan layanan,” katanya.

“Dan peningkatan itu hanya bisa terjadi kalau kita bisa mendapatkan feedback lebih banyak lagi. Jadi, saya berharap diberikan feedback. Nanti disiapkan untuk kita secara serius melayani warga dan feedback-feedback-nya, sehingga kita bisa terus-menerus meningkat,” terang Anies.

Anies kemudian memotong pita sebagai tanda peresmian Gerai LEM Pekerja Cakung sekaligus berkeliling meninjau langsung kondisi di dalamnya.

Secara umum, Gerai LEM Pekerja Cakung menjadi bagian dari ekosistem dan mendukung kebijakan Pemprov DKI Jakarta dalam mewujudkan ketahanan pangan, logistik, dan perdagangan yang berada dekat pemukiman warga dan lingkungan pekerja. Gerai ini sendiri merupakan jaringan distribusi ke-32 PD Pasar Jaya yang sejauh ini telah tersebar di seluruh DKI Jakarta, baik berbentuk JakGrosir, Jakmart, Mini DC, Mitra Pap n Mam Store dan berbagai gerai lainnya. (R/Haf/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.