Gubernur Kalbar Adakan Program Cetak 5.000 Hafiz dalam Lima Tahun

Gubernur Kalbar Sutarmidji (Foto: Kemenag)

Kalimantan Barat, MINA – Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji mengungkapkan memiliki program lima ribu dan diharapkan terwujud secara bertahap dalam lima tahun.

Hal itu disampaikan Sutarmidji saat bertemu Menteri Agama Fachrul Razi dan 300 Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama saat pembukaan Raker Pimpinan Kanwil Provinsi Kalimantan Barat, demikian dilansir dari laman Kemenag, Sabtu (8/2).

“Kita berharap secara bertahap di Kalimantan Barat ini akan muncul lima ribu hafiz dalam lima tahun ke depan. Ini menjadi salah satu program saya,” ujarnya.

Program lima ribu hafiz ini  menurutnya menjadi salah satu program andalan untuk meningkatkan kualitas kehidupan keagamaan di Provinsi yang dipimpinnya.

Selain program lima ribu hafiz, Sutarmidji pun menyampaikan ada beberapa program lain yang disiapkan oleh pemerintah provinsi guna meningkatkan kehidupan keagamaan Provinsi Kalbar.

“Kita baru membebaskan biaya pendidikan SMP dan SMA Negeri. Nanti akan kita lihat Madrasah Aliyah Negeri bisa (dibebaskan biaya) atau tidak,” kata Sutarmidji.

Ia juga mengatakan, tak hanya bagi umat muslim, pengembangan kehidupan keagamaan juga akan dilakukan bagi semua umat beragama di Kalimantan Barat baik Perayaan Pesparawi, Pesparani, dan sebagainya, akan terus kita perhatikan

Selain itu, ia menyampaikan pembangunan- pembangunan rumah ibadah, seperti Gereja atau Vihara juga dapat diakomodir dengan baik.

Kerukunan dan toleransi umat beragama di Kalimantan Barat pun menurut Sutarmidji telah berjalan dengan baik. Ia menambahkan, salah satu event tahunan yang mewujudkan kerukunan umat beragama di wilayah Kalimantan Barat adalah Perayaan Cap Go Meh yang akan berlangsung di Kota Singkawang.

Fachrul Razi mengapresiasi upaya Sutarmidji untuk meningkatkan kualitas keagamaan di Kalimantan Barat. Sebelumnya, pada peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama, Fachrul telah menyerahkan penghargaan kepada itu karena telah menghibahkan tanah seluas 2,3 Ha untuk Asrama Haji Kalimantan Barat.

“Terima kasih kepada Bapak Gubernur karena banyak langkah-langkah yang telah di berikan Beliau untuk memajukan bagi kehidupan keagamaan dan keberagamaan. Termasuk terimakasih karena telah menghibahkan tanah untuk Asrama Haji. Ini sangat bermanfaat sekali,” ujarnya. (R/HD/R7/RS3)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.